pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

4 Tips Ampuh Agar Tidak Kecanduan Smartphone

Kecanduan Smartphone

4 Tips Agar Tidak Kecanduan Smartphone - Smartphone merupakan perangkat elektronik masa kini yang memiliki peran besar dalam perubahan zaman. Dengan adanya teknologi seperti smartphone ini era globalisasi pun makin berkembang dan semakin mengurangi aktivitas fisik masyarakat seperti interaksi sosial, untuk sebagian anak-anak mereka akan lebih sering bermain gamae di smartphone  ketimbang belajar. 

Sebenarnya tergantung orang-orang yang menggunakan smartphone tersebut, namun karena terlalu berlebihan dalam menanggapinya akan menyebabkan efek kecanduan seperti yang mungkin anda rasakan saat ini. Karena banyaknya ketergantungan ini menyebabkan masalah baru yang timbul dalam aktivitas seseorang. Jadi selalu bijak dalam menggunakan smartphone.


Jika anda memahami gejala sosial,  sekarang ini banyak sekali orang yang lebih berinteraksi secara maya ketimbang secara face to face (bertatap muka) . Sebenarnya manfaat smartphone itu sangat banyak, tetapi kenyataannya smartphone banyak juga memberikan dampak negatif pagi penggunanya dan kita kembali lagi kepada siapa yang bijaksana dalam menggunakannya. 

Keseringan dan terlalu lama bermain Smartphone ini juga menghambat kita dalam beraktivitas fisik (Mager) sehingga akan berdampak pada kesehatan kita. Nah, Setelah anda menyadarinya dan ingin berusaha untuk menimalisir gangguan dari smartphone ini, saya akan berikan beberapa Tipsnya. Bacalah dengan seksama,

1. Matikan Notifikasi

Fitur notifikasi pada smartphone memang sangat penting bagi pengguna aktif smartphone. Karena fitur tersebut dapat terhubung dengan beberapa akun sosial media dan email anda. Untuk itu, cara ini sebaiknya anda nonaktifkan fitur notifikasinya pada smartphone anda. 

Dengan mematikan sistem pemberitahuan otomatis dari berbagai sosial media dan email, maka juga akan dapat mengurangi keaktifan anda dalam menggunakannya, dan bila anda telah melakukannya maka tahap pertama dari pengatasan kecanduan sudah ada di tangan anda.


2. Kurangi Waktu dengan Smartphone

Jika anda sudah termasuk pengguna aktif media sosial tentunya akan selalu membawa smartphone dan selalu menggunakannya kemana pun anda ketika bepergian. Bahkan, hingga saat makan dan masuk ke dalam toilet pun anda menyempatkan untuk menggunakannya. Ini terbukti bahwa dimana pun berada pasti ada smartphone, dan mungkin bisa dikatakan “tidak bisa hidup tanpa HP”. 

Kenapa sih benda ini selalu jadi sahabatku?mungkin karena suka duka kamu bersamanya. Nah, jangan habiskan waktumu dengan sering menggunakan smartphone. Bila anda lalai dalam menggunakan waktu, maka kamu akan mengalami kerugian untuk meraih masa depan. Nah, jika anda sudah dapat menghindarinya maka anda memasuki tahap kedua dalam terapi kecanduan smartphone.


3. Banyak Bergaul

Salah satu tips dalam melupakan hal yang terasa sangat pentin dan harus di lupakan adalah dengan hangout bersama orang tua, teman, dan sahabat. Cara ini sangat efektif juga bagi anda yang mengalami putus cinta supaya cepat move on dari mantan pacar. Karena dengan hangout dan berinteraksi dengan orang lain akan mempengaruhi anda untuk selalu aktif dalam mensosialisasikan diri. 

Misalnya dengan bercandaan dengan teman atau sahabat. Interaksi sangat diperlukan dalam kehidupan manusia karena hewan saja juga berinteraksi dengan sesama hewan . Jadi janganlah mempunyai sifat lebih buruk daripada hewan, teruslah mengejar hidayah dalam meraih sukses. Dan jika anda telah melakukan hal tersebut artinya anda telah menyelesaikan tahap ketiga dalam penyembuhan terhadap kecanduan smartphone.


4. Jangan Gunakan Pengingat

Fungsi dari pengingat atau semacam alarm di sini sama halnya dengan notifikasi. Anda mengatur jadwal tertentu pada smartphone mungkin untuk ketemuan dengan pacar atau mungkin juga ada kepentingan yang lain, tentunya akan membuat anda masih mempunyai ketergantungan pada smartphone sebaiknya hindarilah hal yang berhubungan lagi dengan smartphone karena ini adalah tahap keempat anda dalam proses terapi kecanduan benda tersebut. 

Pengingat bukanlah notifikasi atau alarm di smartphone anda tetapi apa yang ada di dalam pikiran, mungkin anda terbayang-bayang dengan sesuatu lalu pikiran anda akan mengarah ke smartphone untuk menemukan informasi, jika informasi yang di dapat bermanfaat sih tidak apa-apa, tapi kalau fiktif, tidak ada faedahnya buat apa!


Kesimpulan 

Penggunaan Smartphone di era ini sangat banyak sekali, dan sangat cepat berkembang penggunanya. Selain Penggunannya, kecanggihan perkembangan teknologi akan selalu berpengaruh dengan aktivitas seseorang. Maka dari itu, masalah ini bukan masalah yang begitu pelik jadi jangan khawatir tentang penyakit kecanduaan ini, cukup ikuti point-point diatas dan jangan lupa selalu menghadap kepada Yang Maha Kuasa. Sebab segala gangguan akan  hilang atas kehendak-Nya.

Semakin banyak kita melakukan aktivitas fisik maka semakin sehat tubuh kita. Kurangilah asupan smartphone di dalam hidupmu gunakan waktumu sebaik mungkin nisacaya kamu akan nyaman dalam menggapai masa depan.

Baca Juga
Newer Oldest

Related Posts

Post a Comment