pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Asal- Usul Terciptanya Sebuah Teknologi

Asal-usul Teknologi

Asal- Usul Terciptanya Sebuah Teknologi - Pembahasan tentang teknologi secara pasti akan dikupas pada blog ini, Niche di website ini hanya membahas, menganalisis dan menjelaskan Teknologi dan Sains. Sangat penting sekali kalau kita paham dan mengerti teknologi, memahami teknologi artinya peduli terhadap ilmu pengetahuan dan menopang untuk kepentingan banyak orang. 

Banyak orang yang hanya mengenal hasil ciptaannya saja, padahal ilmuwan menciptakan membutuhkan perjuangan dan seharusnya orang itu memahami konsep yang ada dalam penciptaan teknologi tersebut sehingga apabila teknologi berdampak buruk dapat mengetahui cara pengatasannya. 


Pengertian Teknologi 

Secara umum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memberikan definisi bahwa teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan demi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Dalam bahasa Yunani Teknologi adalah “technologia” terdiri dari dua kata Tech yang berarti keahlian/ penerapan, dan Logia yang mempunyai arti ilmu atau pengetahuan. Jadi bila diterjemahkan keduanya dalam bahasa Indonesia Teknologi yang berarti Ilmu Pengetahuan Terapan.

Nah, muncul pertanyaan baru. Kenapa teknologi adalah ilmu pengetahuan terapan? Itulah alasan banyak sekali alat-alat atau barang-barang yang diciptakan dari sebuah ilmu pengetahuan. Misal Alexander Graham Bell menciptakan sebuah alat yang berguna untuk komunikasi, dan penciptaan itu dilandasi dengan ilmu pengetahuan. 

Ilmu pengetahuan disertai dengan berbagai percobaan, sehingga sebuah telepon genggam diciptakan. Alex menemukan alat tersebut pastinya tidak mudah, banyak sekali kegagalan yang dia tempuh, karena seorang penemu itu sangat ulet jadi seberapa banyak kegagalan pasti dilewati dengan brilian.



Sejarah Singkat Teknologi

Menurut sejarah singkatnya Teknologi sebenarnya sudah ada pada zaman romawi kuno, karena pada masa itu banyak sekali ilmuwan yang berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah maha karya. Misal alat pelontar yang digunakan oleh tentara Romawi Kuno sebagai senjata perang. Kemudian semakin banyak Cendekiawan yang menciptakan banyak hipotesis atau teori yang digunakan untuk pengembangan sebuah alat ciptaan. 

Teknologi mengalami Evolusi secara perlahan-lahan dan pada sekitar Abad ke-18 teknologi semakin canggih dengan adanya Revolusi Industri di Inggris yang dicetuskan oleh James Watt yang menemukan mesin uap. Penemuan itu menciptakan banyak teknologi canggih yaitu kendaraan uap seperti lokomotif dan mesin diesel. Setelah berkembang terus-menerus terciptalah sebuah teknologi yang membantu manusia dalam menyelesaikan segala urusannya dengan mudah, efisien, cepat dan tepat. 

Teknologi sudah banyak digunakandi berbagai bidang seperti Teknologi Informasi dan Komunikasi penciptaan komputer dan telepon genggam serta Electronic lainnya menyebabkan kemudahan luar biasa, Teknologi Industri yang menciptakan sistem robot untuk membuat sebuah barang atau alat, Teknologi Medis memberikan kemudahan untuk para ahli medis dalam mengobati pasiennya. Serta Teknologi Pendidikan yang sekarang dapat belajar menggunakan sistem Internet tanpa bertatap muka secara langsung face to face



Hubungan Teknologi dengan Seni

Pahamkan Teknologi sebagai ilmu pengetahuan terapan! Sama seperti Seni Kriya yang membutuhkan konsep untuk pembuatan hasta karya. Apakah Teknologi bisa dikatakan sebagai Seni? Bisa dikatakan seperti itu, tapi tidak cenderung mengutamakan estetika lebih pada kegunaannya. Teknologi juga hasil karya diciptakan seorang ilmuwan ahli yang genius dan hasil yang diciptakan mempunyai nilai yang sangat tinggi, berasal dari bahan alam tapi dalam fase lanjutan. Menghasilkan sebuah alat atau mesin yang bisa bergerak.

Berbeda dengan Karya yang diciptakan oleh seorang seniman, yang lebih mengutamakan nilai keindahan atau estetikanya daripada kegunaan. Bahan yang digunakan pun langsung berasal dari alam. Misal kerajinan gerabah yang berasal dari tanah liat. Ataupun biasanya seni juga banyak berasal dari barang-barang yang tidak berguna diubah menjadi sebuah karya yang bernilai seni tinggi. Jadi, itulah hubungan Teknologi dengan Seni. 



Penutup 

Demikianlah penjelasan pengertian yang telah disampaikan pada artikel ini. Jadi Teknologi diciptakan untuk mempermudah kinerja manusia dalam mencapai sebuah tujuan secara efisien, dan penciptaan Teknologi juga akan mengancam kehidupan di muka bumi ini. Disisi satu mempunyai kelebihan dan disisi lain mempunyai kekurangan itulah ciptaan manusia yang semu. Bijaklah dalam menggunakan teknologi, Mari Gunakan Teknologi dengan Bijak !
Baca Juga

Related Posts

Post a Comment