pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Ternyata Teknologi Merekayasa Hidup Manusia

Rekayasa Teknologi

Teknologi Merekayasa Hidup Manusia - Penggunaan Teknologi saat ini melesat menjadi lebih besar dari tahun ke tahun. Dengan konsumsi yang lebih membuat semakin banyaknya perusahaan yang memproduksi berbagai macam Teknologi. Kecanggihan sebuah Teknologi membuat seseorang ingin memilikinya atau bahkan sebagai ajang gengsi di kehidupannya. Dan seperti judul yang telah disampaikan yaitu rekayasa kehidupan dengan Teknologi ini. Kenapa dikatakan sebagai demikian?


Definisi Teknologi

Melihat di perkembangan zaman yang semakin meningkat dari segi kehidupan tapi belum tentu membuat manusia bertambah cerdas. Teknologi mempunyai peran penting yang mendasari sebuah rekayasa ini, rekayasa adalah penerapan kaidah-kaidah ilmu dalam pelaksanaan perancangan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jadi mungkin anda mengira bahwa kata rekayasa berpacu atau berkaitan dengan sesuatu hal yang semu atau dibuat-buat. Tapi dalam memaknai kata harus paham dengan maksud dan tujuan.


Fungsi Teknologi

Rancangan Kehidupan menjadi sebuah konsep penting yang melandasi tujuan hidup seseorang. Teknologi menjadi hal yang paling pengaruh dalam membantu orang untuk bisa merancang sebuah tujuan. Banyak penggunaan Teknologi sebagai arah untuk menjadi orang yang terbaik, bahkan Teknologi tersebut membuat status seseorang dapat meningkat karena media informasi dan komunikasi ini sangat mudah sekali digunakan dan dijangkaiu. Salah satu hal tolak ukur kehidupan adalah bisa jadi berhubungan dengan Teknologi.

Teknologi memang menjadi pilihan efektif yang baik dalam meningkatkan kualitas kehidupan. Perekaan yang dilakukan seseorang bisa jadi untuk sebuah tindakan yang tidak bertanggung jawab Karena memang pengaruh Teknologi sangat besar sekali dalam perilaku seseorang. 

Teknologi juga bisa merubah gaya hidup seseorang, sebagai contoh pada zaman dahulu belum ada lampu seseorang sangat bersyukur dengan keadaannya tapi sekarang di zaman penuh rekayasa ini bila tidak anda lampu pasti tidak akan bersyukur lagi, sebab konsep pola pikir manusia berubah bila Teknologi berkaitan sekali dengan kehidupan. 


Rekayasa Hidup Manusia

Kembali ke rekayasa kehidupan, perubahan mindset seseorang dipengaruhi besar oleh Teknologi. Manusia ini bersifat tamak dan ingin terus meningkatkan gengsinya, tak ada yang tahu manusia berhenti dari sifatnya itu. Sifat tamak itu muncul karena iming-iming Teknologi yang kelihatanya bagus, keren inilah itulah. Jadi akan muncul sebuah sikap ingin memilikinya dan seseorang pasti merancang sebuah kegiatan untuk meraih sebuah tujuan berhubungan dengan Teknologi.

Misal ada sebuah iklan produk motor keluaran terbaru dan canggih dari sebuah iklan yang bersifat persuasif membujuk orang untuk membelinya, ada seseorang yang menonton iklan tersebut kemudian orang ini mempunyai keinginan untuk membelinya Karena telah manjadi bran terkenal. 

Nah, dari sisi tersebut seseorang akan merancang sebuah tujuan mereka ingin mendapatkannya dengan cara yang berbeda-beda, ada yang bekerja selama 1 tahun mengumpulkan uang untuk membelinya, juga ada yang dengan cara efektif hutang untuk membelinya. Kemungkinan gengsi hidup sangat mempengaruhinya.


Kesimpulan

Teknologi sebaiknya kita miliki jika kita mampu dan sesuai dengan kebutuhan utama yaitu sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan mansia. Penggunaan teknologi yang berlebihan juga akan berdampak kurang baik untuk lingkungan hidup. Jadi kalau kita mau memberikan sebuah kebaikan untuk diri kita coba kurangi kebutuhan yang berlebih dengan adanya Teknologi, gunakan sebagai kebutuhan pokok saja dulu. 

Pikiran manusia selalu sama ingin itu, ingin ini menjadi sebuah rekayasa untuk meningkatkan mutu kehidupan. Jaman sekarang gak gaul bukan jaman sekarang jaman dulu kali ! mungkin sebuah slogan yang mendasari rasa gengsi seseorang. Ingatlah Teknologi menjadi sebuah alasan munculnya sebuah masalah.
Baca Juga

Related Posts

Post a Comment