pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak

Dampak Media Sosial

Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak - Media sosial dan smartphone layaknya dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam keseharian si pemilik. Seakan sayang bila smartphone canggihnya tidak digunakan untuk berselancar di media sosial. Tidak luput pula anak-anak yang juga gemar berselancar di media sosial. Baik hanya sekedar melihat foto dan menonton video kreatif di sana atau bahkan mengunggah foto dan video yang sama.

Aktifitas tersebut tentu ada dampak positif dan negatifnya. Dampak penggunaan media sosial yang positif bagi anak ada 3 diantaranya sebagai berikut :


Membantu Anak Lebih Dekat dengan Kerabat dan Temannya yang Jauh

Dengan adanya media sosial, anak bisa terhubung dengan kerabat jauhnya yang jarang ia temui begitupun dengan temannya. Anak bisa menggunakan fitur video call di media sosial untuk membangun kedekatan dengan mereka.


Anak Bisa Belajar Hal-hal Baru

Media sosial yang sarat dengan kecanggihan dalam pengoperasian dan juga banyak konten video seusianya yang bermanfaat untuk perkembangan anak, anak bisa belajar hal-hal baru yang tidak ada di sekolahnya atau mendapatkan motivasi dengan apa yang ditontonnya dan juga mengasah keterampilannya dalam jaringan internet. Orang tua hanya mengontrol dan membatasi waktu anak dalam penggunaan media sosial tersebut. 


Selain itu, kecenderungan ini menyebabkan lebih banyak mengarah ke dampak negatif, sebab anak bila dibiarkan terus menerus dan sudah lekat dengan media sosial maka akan terjadi sebuah degradasi moral pada dirinya. Kemudian dampak negatifnya lainnya adalah sebagai berikut:

Adanya Konten Negatif 

Keberadaan konten negatif di media sosial akan berdampak pada psikologis anak. Akses media yang terlalu luas menyebabkan anak salah akses seperti video po*nografi lainnya yang mengandung dampak negatif untuk mental anak.


Cyber bullying

Banyaknya pengguna media sosial yang kurang bijak. Anak bisa ditimpa serangan bullying yang membuat anak down dan mentalnya menjadi kacau. Bahkan ada kasus bulliying yang sampai bunuh diri akibat tidak kuat terhadap bulliy dari pengguna media sosial yang tidak bijak.


Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu Anak 

Kalau anak sudah candu bermain media sosial, penggunaannya akan menjadi tidak ideal. Anak pasti akan cenderung bermain media sosial kalaupun orang tuanya melarangnya. Hal ini akan memberikan dampak negatif terhadap belajar anak bahkan kesehatan fisiknya. 

Dampak negatif penggunaan media sosial inilah harus orang tua waspadai. Kontrol akses anak di media sosial dengan cara menemaninya. Berikan arahan yang baik supaya media sosial lebih berdampak positif terhadap perkembangan anak.


Baca Juga

Related Posts

Post a Comment