pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Tips Mencegah Virus Agar Tidak Masuk ke Komputer Atau Laptop

Mencegah Virus ke PC

Tips Mencegah Virus Agar Tidak Masuk ke Komputer Atau Laptop - Di era serba digital seperti saat ini, komputer dan laptop menjadi kebutuhan yang cukup penting. Namun ternyata, banyaknya orang yang sudah menggunakan komputer dan laptop tidak menjamin mulusnya kerja komputer. Ada satu hal yang masih menjadi penghambat aktivitas pada komputer, yaitu virus.

Keberadaan virus tentu mengharuskan setiap pengguna komputer dan laptop untuk melakukan pencegahan terhadap virus tersebut. Bagi Anda yang juga pengguna komputer, Anda bisa melakukan tips mencegah virus agar tidak masuk ke komputer berikut ini. 


Hindari Melakukan Download di Sembarang Website

Menurut beberapa penelitian, komputer dan laptop yang jarang terhubung dengan internet akan sangat kecil kemungkinannya untuk terserang virus. Lain halnya dengan perangkat komputer yang lebih sering terkoneksi dengan internet.

Meskipun demikian, bukan berarti komputer dan laptop Anda tidak boleh terhubung dengan internet. Anda hanya harus berhati-hati saat menggunakan internet, salah satunya adalah ketika melakukan download. Pastikan Anda melakukan download dari website resmi.


Aktifkan Firewall

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah virus agar tidak masuk ke komputer selanjutnya adalah dengan selalu mengaktifkan firewall. Ini menjadi cara yang wajib Anda lakukan jika komputer atau laptop Anda sering terhubung pada jaringan internet. Tentukan firewall ini menjadi sebuah penghalang masuknya virus, malware, hingga hacker.


Matikan Pengaturan Autorun

Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi berjalannya program atau file yang terkena virus secara otomatis. Tentu saja, jika fitur atau pengaturan autorun ini tidak dimatikan maka setiap file virus terutama yang berekstensi .exe akan berjalan dengan sendirinya tanpa Anda ketahui. 


Lakukan Kompresi File Penting

Kompresi file biasanya dapat dilakukan dalam bentuk RAR atau ZIP. Beberapa file penting yang harus dilakukan kompresi adalah file Excel, word dan file berekstensi .exe . Dengan melakukan kompresi file secara rutin Anda tentu dapat mencegah penyebaran virus pada komputer dan keamanan data dapat terjamin. 


Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah virus agar tidak masuk ke komputer. Tips-tips tersebut tentu sangatlah penting untuk dilakukan agar komputer atau laptop yang Anda miliki bisa bertahan lama. Jangan lupa untuk memastikan bahwa software anti-virus sudah terpasang pada komputer atau laptop Anda. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment