pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

7 Fakta Mengejutkan tentang Sains : Jarang Orang Tahu !

7 Fakta Mengejutkan tentang Sains - Dalam dunia sains banyak sekali hal yang bisa terjadi diluar dugaan manusia, dari sejumlah penelitian mengungkapkan banyak sekali kejadian aneh yang terjadi di muka bumi ini. Sering kali kita dibuat bingung sekaligus takjub terhadap ciptaan Yang Maha Kuasa.

Ada beberapa fakta tentang sains yang jarang diketahui oleh banyak orang, dan disini anda harus tahu agar dapat menambah wawasan serta tahu akan kebesaran Tuhan. Inilah beberapa kejadian nyata tentang sains yang mengejutkan anda terjadi di alam semesta ini, 


1. Pohon yang ada di Bumi Ternyata lebih Banyak daripada Bintang-Bintang di Galaxy Bima Sakti

Pohon dengan Galaksi Bimasakti

Hal unik tentang berbandingan banyaknya bintang yang ada di galaksi kita yaitu Bimasakti dengan banyaknya pohon yang ada di muka bumi membuat kita bertanya-tanya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA menunjukkan sebagian besar jumlah bintang yang ada di galaksi Bima sakti berkisar di antara 100 Milyar sampai 400 Milyar Bintang. 

Sementara pohon yang ada di bumi berjumlah sekitar 3 Triliun lebih! Wow. Data tersebut berasal dari makalah ilmiah yang diterbitkan oleh Journal Nature pada tahun 2015.


Bintang di Bimasakti

Para astronom menghitung banyaknya bintang tersebut dengan menentukan massa galaksi, tentunya dengan cara yang rumit. Kemudian membuat perbandingan massa galaksi dengan massa Matahari. Jika Galaksi Bimasakti mempunyai massa 100 milyar kali massa matahari, maka dapat ditentukan bahwa ada sekitar 100 milyar bintang di Bimasakti.

Dengan penghitungan tersebut tentunya, astronom belum menentukan secara pasti banyaknya bintang di Bimasakti, yang jelas Galaksi Bimasakti memiliki lebih dari 100 milyar bintang. 


Pohon di Bumi

Para Ilmuwan mengungkapkan bahwa banyaknya pohon tersebut dapat hitung dengan pemetaan melalui peta kerapatan pohon yang telah dirilis secara global. 

Berdasarkan penelitian jumlah pohon-pohon yang ada di muka bumi ini di bagi menjadi tiga wilayah. Pada wilayah beriklim tropis dan subtropis jumlah pohon berkisar 1,30 Triliun, Wilayah Boreal sekitar 0,74 Triliun, dan wilayah Iklim sedang sebanyak 0,66 Triliun. Dan setiap hari akan terus bertambah selama pohon tersebut masih hidup dan berkembang.

Namun, sangat disayangkan bahwa pohon yang merupakan paru-paru dunia ini telah di tebang sebanyak 15 miliar lebih setiap tahunnya. Maka dari itu kita sebagai penduduk bumi harus selalu menjaga dan merawat pohon untuk anak dan cucu kita.



2. Oksigen Ternyata Mempunyai Warna

Tentunya kita mengenal dengan salah satu jenis gas ini, Oksigen (O2) merupakan gas yang sangat diperlukan makhluk hidup untuk bernafas. Selain itu organisme juga hidup dari oksigen yang menyatu di dalam air sebagai penyusun bentuk kehidupan di muka bumi. Banyak orang belum tahu tentang fakta yang sebenarnya dari oksigen yang kita hirup setiap hari. 

Oksigen merupakan unsur kimia yang sangat reaktif, dalam tebel periodik dengan lambang O dan mempunyai nomor atom 8. Dalam perkambangannya oksigen banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti Untuk Bidang Kesehatan sebagai alat bantu nafas orang sakit, dan Bidang Militer dapat membuat bahan untuk membuat roket maupun alat peledak, namun dalam pembuatan peledak sangat dilarang sebab mampu menimbulkan daya ledak yang besar.

Faktanya bahwa oksigen merupakan unsur yang paling melimpah di bumi yang menandakan bahwa oksigen ini mendominasi unsur gas di bumi. Oksigen dihasilkan dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan dengan bantuan matahari untuk menghasikan oksigen berasal dari air dan pembuangan gas karbon dioksida (CO2).


Oksigen Biru
en.wikipedia.org/wiki/Oxygen

Nah, ternyata bila anda mencari tahu lebih dalam tentang oksigen bahwasannya gas tersebut mempunyai warna, tentunya jika oksigen dilihat dengan mata telanjang oksigen tentunya tidak akan nampak secara jelas sebab kandungan oksigen di udara bercampur dengan unsur lainnya. Tetapi bila dalam bentuk cair atau padat oksigen mempunyai warna Biru Pucat

Kemungkinan warna biru tersebut berdasarkan molekul gas penyusunnya dan mempunyai titik didih dan titik lebur yang rendah sehingga menghasilkan pigmen biru yang menyerupai warna langit. Hal ini juga membuktikan bahwa atsmosfer tersusun dari oksigen yaitu sebanyak 20,97 %.



3. Air Panas Lebih Cepat Membeku Ketimbang Air Dingin 

Air Membeku

Bila kalian secara tidak sengaja memasukkan air panas ke dalam kulkas maka yang terjadi adalah air panas tadi mengalami pembekuan lebih cepat. Sebenarnya hal tersebut ditemukan oleh seorang mahasiswa bernama Erasto Mbempa, dia menjumpai hal yang unik bahwa ice cream yang baru saja diolah yang masih panas langsung dibekukan ternyata lebih cepat membeku ketimbang temannya yang memasukkan ice cream dengan suhu rendah ke dalam pendingin.

Dan setelah mengetahui hal tersebut Mbempa langsung mengajukan pertanyaan dan bercerita kepada Doktor Ilmu Fisika di Sekolahnya tentang fenomena tersebut. Doktornya yang bernama G.Osborne pun penasaran dan membuat penelitan bersama Mbempa, dan dari hasil penelitian tersebut terciptalah Teori Efek Mbempa dan di publikasikan supaya dapat menjawab teori dari fenomena tersebut. Banyak orang yang menjelaskan tentang teori tersebut namaun hanya beberapa yang relevan terhadap teori tersebut.

Pada tahun 2016 diungkapkan bahwa efek mbempa terjadi karena air dengan suhu tinggi molekulnya bergerak dengan cepat dan berikatan satu sama lain sehingga membentuk kristal air dengan cepat. Teori tersebut jika di aplikasikan di kehidupan dapat membantu mendinginkan perangkat elektronik dengan cepat. Sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Wah, kalau pengen buat es batu pakai air panas aja kali biar cepet beku dan bisa di konsumsi.



4. Buah Pisang Mempunyai Sifat Radioaktif

Pisang Radioaktif

Buah yang selama ini kita konsumsi sehari-hari ternyata mempunyai radiasi yang dapat membahayakan organ tubuh makhluk hidup. Tapi tak usah khawatir bila anda mengonsumsinya tidak lebih dari 10.000.000 sekaligus tidak akan berbahaya, seperti yang dikutip dari majalah ternama Forbes .

Pisang mengandung Kalium (K-40) yang penting sebagai nutrisi tubuh manusia, jika manusia mengonsumsi pisang tubuh akan menyerap radiasinya. Setiap gram Kalium akan meluruh perdetiknya sehingga membusuk dan tidak akan memberikan pengaruh radiasi yang berarti. 

Pisang termasuk salah satu makanan yang mengandung radiasi tetapi terekspose dan memiliki tingkat radiasi yang rendah. Ada juga kentang, kacang-kacangan yang berasal dari Brazil. Ternyata kita terlalu awam dengan hal ini maka dari itu seharusnya kita mampu  menerima beberapa informasi penting.

Kesimpulanya bahwa pisang tidak akan berbahaya terhadap tubuh manusia jika dikonsumsi lima juta lebih sekaligus. Pisang juga merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi organ tubuh seperti jantung, banyak atlit yang mengonsumsi buah ini karena mampu mengontrol tekanan darah.



5. Kelelawar Satu-satunya Mamalia yang Bersayap

Mamalia Besayap

Hewan ini merupakan hewan Nokturnal yang beraktivitas aktif di malam hari. Ciri khusus dari kelewar ini adalah mampu bergerak dan terbang dengan keadaan yang gelap, hal itu karena kelelawar memiliki yang dinamakan Sonar yang mampu mendeteksi objek-objek yang ada di depannya dengan pendengaran. Kelelawar mengirimkan bunyi ultrasonik ke objek di depannya dan objek tersebut akan mementulkan bunyi untuk kemudian diterima kemabali oleh kelelawar, dengan begitu dapat bergerak cepat.

Selain itu keunikannya hewan ini adalah satu-satunya mamalia yang mempunyai sayap dan dapat terbang. Salah satu kriteria mamalianya adalah kelelawar berdarah hangat, menyusui anaknya, dan berkembangbiak dengan cara melahirkan. 

Bentuk sayapnya yang ramping tersusun dari lapisan kulit yang kuat dan tulang berjari membuat terbangnya menjadi semakin cepat dan gesit untuk memburu mangsanya seperti serangga. Selain itu, kelelawar menggunakan sayapnya untuk menutupi tubuhnya ketika tidur dengan posisi bergelantungan.



6. Fakta tentang DNA Manusia

DNA Manusia

DNA merupakan pembawa genetik pada manusia terkait pertumbuhan, fungsi, perkembangannya. Asam Deoksiribonukleat (DNA) berbentuk seperti rantai heliks ganda yang berfungsi sebagai pembawa pesan genetik pada tubuh manusia.

Ada beberapa keunikan tentang DNA manusia yaitu dalam satu gram DNA ternyata dapat menyimpan data sebesar 700 Terabyte. Hal tersebut diungkap oleh para ilmuwan di Harvard University dan jika di total semua DNA manusia mampu menampung 5,5 Petabyte data. Data tersebut berupa sifat-sifat genetik dalam tubuh manusia yang berbagai macam ada di dalamnya yang berkaitan dengan fungsi, pertumbuhan, perkembangan, serta reproduksi manusia.  

Selain itu ada fakta menarik lagi, DNA berbentuk rantai heliks yang saling terpisah antar sel. Jika diurai dan disambung DNA di setiap sel manusia maka akan membentuk sebuah untaian yang panjang mencapai 180.000 Juta Km. Lebih dari 1000 kali jarak antara bumi dengan matahari bahkan bila mengitari Matahari pun dapat menempuh 600 kali perjalanan. 

Hal ini juga menunjukkan DNA manusialah yang paling banyak di antara makhluk hidup yang lain. Sungguh Tuhan telah memberikan kesempurnaan untuk Ciptaanya.



7. Sebagian Tubuh Manusia Tersusun dari Bakteri

Mikroba Virus

Seiring dengan berjalannya waktu para ilmuwan banyak melakukan  penelitaan yang mengungkapkan susunan dari tubuh manusia. Dan yang ditemukan adalah yang mengejutkan bagi kita bahwa tubuh manusia ternyata lebih dari 50 % tersusun dari sel-sel mikroba. Mikroba tersebut adalah bakteri, virus, dan jamur.

Mikroorganisasi tersebut mempengaruhi kesehatan, perasaan hati, dan respon tertentu terkait dengan sistem tubuh manusia. Tentunya dengan mikroba yang ada di dalam tubuh manusia adalah mikroba yang menguntungkan karena dengan adanya mikroba manusia dapat membentuk antibiotik tubuh sendiri, yang sangat berguna untuk melawan berbagai macam penyakit.

Secara murni sel-sel manusiawi yang dimilik manusia hanya 43 % saja sisanya sel mikroba. Hal tersebut diungkapkan Rob Knight seorang Professor Kedokteran Anak di University of California San Diego. Sekitar 30 Triliun sel-sel manusia di tubuh yang merupakan bagian yang mempunyai fungsi tubuh manusia seperti pertumbuhan, reproduksi, dan kinerja organ tubuh manusia. 



Kesimpulan

Segala sesuatu di alam semesta ini merupakan ciptaan Yang Maha Kuasa jika dikehendaki maka terjadilah. Ilmu Sains sangat penting dalam kehidupan manusia sebab banyak sekali fenomena atau kejadian yang menjadi pertanyaan maka dengan adanya Sains satu persatu mulia terjawab dan menjadi ilmu pengetahuan yang berharga.

Demikan beberapa fakta yang mengejutkan tentang Sains, banyak sekali ilmu sains yang harus anda tahu, semakin tahu semakin banyak ilmu yang didapat. Maka dari itu tunggu artikel selanjutnya.

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment