pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Inilah Harga Fantastis Motor di MotoGP yang Bikin Penasaran

Harga Fantastis Motor di MotoGP – Saat menonton tayangan balapan MotoGP yang menjadi puast perhatian adalah motor yang digunakan oleh para rider atau pembalap di lintasan sirkuit. Bagaimana tidak para rider menunggangi mesin yang mempunyai kapasitas mesin sebesar 1000cc dengan mudahnya dan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Kecepatan maksimal yang dicapai Motor tersebut mencapai 360 Km/Jam dengan Tenaga 260 Tenaga Kuda.


Dengan rancangan mesin yang dibuat sedemikan rupa yang cocok digunakan untuk menghadapi berbagai medan di sirkuit seluruh dunia. Jelas jenis motor yang digunakan untuk motoGP mempunyai rancangan khusus dan berbagai jenis komponen seperti mesin dan spare part lainnya juga dibuat untuk memenuhi standar dalam dunia balapan GP.

Source : boxrepsol.com/en/repsol-team/honda-rc-213v/


Komponen yang langka dan hanya di buat khusus untuk motorsport membuat Motor yang di gunakan ajang balapan MotoGP ini membuat semuanya terlihat canggih dan terlihat sangat keren, dalam persoalan tersebut membuat semakin penasaran berapa mahal harga Motor tersebut? Dilansir dari Box Repsol detail harganya sebagai berikut,



Harga Komponen Mesin

Komponen paling mahal disini adalah mesin, semua jenis mesin di motoGP menggunakan mesin kelas Atas sehingga harganya sangat mahal yaitu 200.000 – 250.000 Euro (4,2 Miliar Rupiah). Pada tahun 2006 Mesin di MotoGP memakai tabung silinder yang berbeda-beda untuk Honda menggunakan lima tabung silinder. Sementara Yamaha, Ducati, dan Suzuki memakai 4 tabung silinder, dan sekarang semuanya telah menggunakan mesin 4-tak dengan empat tabung silinder.



Harga Komponen Elektronik  

Ada komponen elektronik yang menambah kecanggihan di Motor ini seperti panel, sensor, kabel mempunyai harga sebesar 100.000 Euro (1,7 Miliar Rupiah) tidak ada yang murah untuk komponen ini. Dengan kelengkapan sistem elektronik yang ada di Motor tersebut membuatnya semakin canggih. Selain itu, komponen elektronik tersebut mampu mengontrol jalannya kinerja motor dan juga mempermudah para rider untuk mengendarainya.



Harga Rem

Komponen rem yang digunakan bukanlah komponen yang biasa, dengan khusus dirancang supaya dapat melakukan pengereman secara maksimal dan aman. Dengan kecepatan yang tinggi rem yang digunakan tersebut mampu beradaptasi dengan putaran ban sehingga ketika pengereman dapat terkontrol dengan baik. 

Selaku Federasi Motor Internasional FIM telah membatasi harga komponen rem, yaitu 70.000 Euro (1,2 Miliar Rupiah). Komponen disini terdiri dari tiga pasang kapiler, tiga silinder, 10 cakra karbon, dan 28 bantalan. Komponen tersebut dipakai oleh tim MotoGP dalam satu musim jika memerlukan lebih banyak bidak lagi mereka harus membelinya secara terpisah.



Harga Komponen Body dan Rangka Motor

Bahan utama dalam pembuatan body motor adalah serat karbon, digunakan untuk pembuatan fairings. Harga 100 gram karbon tersebut sebesar 2 Euro. Untuk rangka motor yang terbuat dari baja mempunyai harga setiap 100 gram nya sebesar 0,2 Euro. 

Ada lagi pelek yang digunakan terbuat dari magnesium yang memiliki besaran harga 4.000 Euro (68 Juta Rupiah). Biaya tersebut belum termasuk biaya perawatannya dan biaya ketika motor tersebut mengalami kecelakaan saat balapan.



Harga Ban

Untuk ban setiap tim pabrikan maupun satelit tidak menyediakan pasokan ban, Tapi Michelin selaku pemasok ban utama dari balapan motogp ini menyediakan berbagai jenis ban untuk setiap timnnya yang akan balapan. Michelin menghabiskan setidaknya 1,2 juta Euro (20,6 Miliar Rupiah) untuk setiap GP. Biaya tersebut termasuk biaya Ban itu sendiri, tenaga teknis, dan bantuan lainnya.



Selain harga untuk komponen motor itu sendiri, ada biaya lainnya yang penting untuk mendukung jalannya balapan GP ini. Biaya tersebut termasuk biaya reparasi spare part, biaya perbaikan ketika kecelakaan, perjalanan, sewa perhotelan, biaya Built-up, serta biaya lainnya. Untuk selengkapnya lihat detailnya,


Biaya Perbaikan

Untuk perbaikan Motor ini juga tidak main-main, goresan  dan benturan lembut saja menyebabkan pengurangan kualitas motor sehingga harus membutuhkan perbaikan setidaknya memakan biaya 20.000 Euro (343 Juta Rupiah). Biaya tersebut termasuk mengganti body motor, sandaran kaki, tuas, rem belakang, serta elemen lain yang mungkin rusak.

Apalagi biaya yang diperlukan untuk benturan keras menyebabkan kerusakan berat pada motor sehingga harus banyak mengganti suku cadang, biayanya mencapai 100.000 Euro (14,1 Miliar Rupiah). Termasuk biaya penggantian ban, cakra rem, suspensi, radiator, dan sensor. Jika lagi mengalami kerusakan swingarm, elektronik internal, sasis, tangki bahan bakar, atau mesin  perbaikan bisa mencapai setengah Juta Euro (8,5 Miliar Rupiah).



Biaya Built-Up, Perjalanan, dan Lainnya

Biaya ini tidak termasuk biaya untuk motor itu sendiri, tapi biaya ini di adalah biaya yang digunakan untuk keperluan tiap tim dalam melangsungkan GP di setiap negara. Biaya tersebut termasuk biaya Built-Up yang mencapai jutaaan Euro, belum lagi biaya perjalanan untuk membawa berbagai macam keperluan dan barang-barang yang akan digunakan setiap GP setidaknya harus merogoh kocek sebesar 1.200 Euro Lebih (20 Juta Rupiah). 

Ada juga untuk Perhotelan yang digunakan oleh para tim untuk singgah sebelum atau sesudah balapan di mulai setiap tim harus memerlukan biaya sekitar 600.000 Euro (10 Miliar Rupiah). Biaya tersebut belum termasuk transportasi, kendaraan atau biaya lainnya.



Kesimpulan 

Jika di total harga motor yang digunakan untuk balapan MotoGP ini mencapai 3 Juta Euro setara dengan 51,5 Miliar Rupiah untuk Motor jenis Pabrikan. Jelas untuk motor jenis ini digunakan untuk pengembangan dan memerlukan lebih banyak suku cadang yang digunakan. 

Berbeda dengan Motor yang digunakan oleh tim Satelit yang harganya lebih rendah dibanding dengan motor pabrikan yaitu 2 Juta Euro (34,3 Miliar Rupiah). Motor ini tidak dijual sebagaimana motorsport lainnya sebab memang motor ini dirancang khusus untuk balapan. Tidak diproduksi secara massal, 


Nah akhirnya kita tahu secara detail harga-harga komponen, biaya tim, maupun biaya lainnya. Semakin tahu semakin kita mendapatkan banyak ilmu. Itulah Harga MotoGP yang sangat fantastis, membuat setiap orang tidak ingin memilikinya. 

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment