pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Rumus dan Fungsi Lengkap Microsoft Excel Untuk Data Pengukuran

Rumus Excel Lengkap

Rumus dan Fungsi Lengkap Microsoft Excel Untuk Data Pengukuran - Perkembangan komputer pada saat ini sangat pesat yang disebabkan karena  tuntutan kebutuhan para pemakai (user) yang semakin kompleks, efisien, dan efektif. Kebutuhan penggunaan komputer ini telah merambah di segala bidang untuk menangani  perkerjaan para user yang berbeda-beda. Sehubungan dengan itu, maka kebutuhan akan komputer yang terbaru dan tercepat menjadi pilihan dan prioritas bagi penggunanya. 

Manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan komputer antara lain karena: tingkat ketelitiannya dan kebenaran informasi yang diproses sangat tinggi (accuracy), kecepatan pengolahan dan respon dengan waktu yang sangat cepat (timeliness), informasi yang dihasilkan lengkap dan terperinci sehingga dapat digunakan oleh pengambil keputusan (completeness), dan biaya yang diperlukan dalam proses cukup rendah apabila dibandingkan dengan informasi yang dihasilkan (cost). 


Berdasarkan penggolongannya, komputer dapat dibedakan menjadi 2 (dua) macam yaitu Special Purpose Computer dan General Purpose Computer. Yang dimaksud dengan  Special Purpose Computer adalah komputer yang dapat menyelesaikan suatu masalah secara khusus biasanya hanya satu masalah, atau komputer yang hanya digunakan untuk kegiatan tertentu. 

Adapun General Purpose Computer adalah komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dan bersifat umum. Biasanya digunakan dalam aplikasi bisnis, pendidikaan, perkantoran, dsb.


Secara garis besar komputer terdiri dari 3 (tiga) komponen pokok sebagai suatu sistem, dimana komponen yang satu tidak bisa dipisahkan dengan komponen yang lain. Komponen-komponen ini saling berhubungan yang membentuk satu kesatuan.

Ketiga komponen tersebut dikenal sebagai perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan sumberdaya manusia (Brainware). Hardware dan software merupakan komponen yang melekat pada fisik komputernya, sedangkan brainware adalah manusia (programmer atau user) yang mengoperasikan komputer tersebut.


Microsoft Excel adalah salah satu bagian dari perangkat lunak Microsoft Office yang dibuat oleh Microsoft Corporation dimana perangkat Lunak Microsoft Excel (selanjutnya dikenal dengan MS Excel) adalah salah satu jenis program pengolah angka (spreed sheet). Pemanfaatan MS Excel banyak dipakai untuk keperluan-keperluan administrasi maupun bisnis dihampir setiap kantor. 

Distribusi data MS Excel dalam bentuk baris dan kolom (tabel/tabulasi) memudahkan dalam pengolahan angka, sehingga tidak diperlukan prosedural yang berbelit-belit. Pada program MS Excel, terdapat fungsi-fungsi yang digunakan untuk pengolahan angka. Beberapa fungsi tersebut adalah : 



Fungsi Logika IF

Fungsi logika merupakan fasilitas yang terdapat pada MS Excel khususnya yang dijumpai pada Insert Function. Beberapa pernyataan logika yang ada adalah :

=  Sama Dengan
<  Lebih Kecil Dari
>  Lebih Besar Dari
<=  Lebih Kecil atau Sama Dengan
>=  Lebih Besar atau Sama Dengan
<>  Tidak Sama Dengan



Fungsi Statistika

Beberapa Fungsi Statistika yang sering digunakan pada saat mengoperasikan MS Excel adalah sebagai berikut:

COUNT  Menghitung Banyak Data
SUM  Menghitung Penjumlahan Data
AVERAGE  Menghitung Rata-rata Data
MAX  Menghitung Nilai Tebesar
MIN  Menghitung Nilai Terkecil


Rumus dalam MS Excel selalu harus dimulai dengan tanda = (sama dengan). Tanda = (sama dengan) ini akan menunjukkan bahwa karakter berikutnya adalah suatu rumus. Rumus ini terdiri atas Operand (elemen yang akan dihitung) yang dipisahkan oleh operator (jenis perhitungan). 

MS Excel akan melakukan perhitungan mulai dari kiri ke kanan berdasarkan tingkatan masing-masing operator di dalam rumus. User bisa mengubah urutan perhitungan dengan menggunakan tanda kurung. 

Contoh :

=(B4+25)/SUM(D5:F5)

Artinya bahwa tanda kurung akan memerintahkan MS Excel untuk menghitung B4+25 terlebih dahulu, kemudian membaginya dengan hasil penjumlahan nilai D5, E5, dan F5. Urutan-urutan atau hirarki operator dalam pengolahan data menggunakan Ms Excel mulai urutan tertinggi:

(  )  Tanda Kurung
^  Tanda Pangkat
* atau /  Tanda Kali atau Bagi
+ atau -  Tanda Penambahan atau Pengurangan


Di lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kementerian ATR/BPN), pemanfaatan MS Excel ini digunakan untuk menghitung Data Ukuran Poligon/Detail yang dituangkan dalam Daftar Isian 103 (DI 103) dan Hitungan Koordinat Poligon yang dituangkan dalam Daftar Isian 104 (DI 104). 

Dalam pemanfaatan Aplikasi Microsoft Excel untuk Perhitungan Poligon, langkah awal yang perlu dilaksanakan adalah dengan menyiapkan  DI 103 dan DI 104. Untuk mengisi formula pada daftar isian penghitungan poligon pada DI 103 dan penghitumgan koordinat pada DI 104, diperlukan berbagai fungsi dalam MS Excel. Fungsi-fungsi tersebut adalah Fungsi INT, TRUNC, MOD, RAD, DEG, PI(), dan SQRT. 



Fungsi  INT

INT adalah singkatan dari Integer. Fungsi ini digunakan untuk membulatkan bilangan decimal. Pembulatan tersebut harus selalu ke arah kiri.

a=25,455 =INT(a) 25
b=14,751 =INT(b) 14
c=-56,25 =INT(c) -57
d=-178,89 =INT(d) -179

Pada pengolahan data hasil pengukuran dengan aplikasi Ms Excel, fungsi INT sering digunakan untuk mengubah data yang mempunyai format desimal menjadi data dalam format derajat menit detik.

Contoh :

Sudut desimal 139.42194 akan diubah menjadi sudut dalam format derajat (°)  menit (’) detik (”)

INT(139.42194)        139°25’19”

INT(99.623611)        99°37’25”


Selain fungsi INT, kadang-kadang orang juga menggunakan fungsi TRUNC yang fungsinya sama dengan INT yaitu menghilangkan bagian desimal suatu bilangan. Kalau INT membulatkan bilangan ke bawah, maka TRUNC hanya bisa menghilangkan bagian desimal bilangan. INT dan TRUNC berbeda ketika menggunakan bilangan negatif. 

Contoh :

=INT (-4,3) akan menghasilkan bilangan -5

=TRUNC(-4,3) akan menghasilkan bilangan -4


INT dan TRUNC akan menghasilkan bilangan yang sama ketika bilangannya positif, 

Contoh :

=INT(5,47158) menghasilkan bilangan 5

=TRUNC(5,47158) menghasilkan bilangan 5



Fungsi  MOD  

MOD berasal dari Modulo. Fungsi MOD digunakan untuk menghitung sisa pembagian dua bilangan.

Contoh : 

a = 45 b = 14 =MOD(a,b)3
c = 100 b = 14 =MOD(c,d)1
f = 30 b = 14 =MOD(f,g)40
h = -25 b = 14 =MOD(h,i)35

Pada penghitungan sudut, fungsi MOD digunakan untuk menghindari hasil negatif pada perhitungan sudut dari selisih dua bacaan Horisontal, sehingga tidak ditemukan hasil sudut kurang dari 0° dan tidak lebih dari 360 °.



Fungsi RAD, DEG, PI()

RAD berasal dari kata RADIANS dan DEG berasal dari DEGREES. Untuk penghitungan fungsi trigonometri pada aplikasi MS Excel, digunakan satuan RADIAN bukan DERAJAT. Oleh karena itu setiap sudut atau azimuth yang diperoleh dengan satuan DERAJAT dan akan dihitung fungsi trigonometrinya, terlebih dahulu harus dikonversi ke dalam satuan RADIAN, begitu pula sebaliknya. Fungsi trigonometri yang sering digunakan untuk perhitungan hasil pengukuran adalah SIN, COS, dan TAN.

RADIANS digunakan untuk mengkonversi satuan derajat menjadi satuan radian, sedangkan DEGREES digunakan untuk mengkonversi satuan radian menjadi satuan derajat. Selain menggunakan fungsi RADIANS, untuk mengkonversi sudut dalam satuan derajat menjadi sudut dalam satuan radian bisa juga menggunakan konstanta PI()/180.



Fungsi SQRT 

SQRT artinya SQUAREROOT. Fungsi ini merupakan fungsi akar kuadrat atau akar pangkat dua. Fungsi SQRT dapat digunakan untuk menghitung Luas Segitiga dengan menggunakan Rumus.

     L=√S(S-a)(S-b)(S-c)

    S=1/2(a+b+c)

Langkah yang harus dilakukan adalah setelah di-entry data a, b, dan c, kemudian dihitung besarnya S terlebih dahulu. Selanjutnya masukkan formula untuk menghitung luasnya yaitu =SQRT(S*(S-a)*(S-b)*(S-c)). Penggunaan fungsi SQRT, bisa diganti dengan operator arithmatic ^0.5, artinya formula yang menggunakan fungsi SQRT juga bisa menggunakan ^0.5. Perbedaan penggunaannya adalah kalau SQRT ditempatkan sebelum formula (di depan formula) sedangkan ^0.5 ditempatkan setelah formula (di belakang formula).



Penutup

Modul ini bersumber dari Sekolah Tinggi Pertanahan Negara (STPN)  jadi wajar rumus dan fungsi MS. Excel terlalu asing kita lihat, maka dari itu modul ini hanya sekedar referensi untuk pembaca sekalian. Banyak sekali hal yang harus dipelajari tentang modul pembelajaran Microsoft Excel, Untuk itu tunggu artikel selanjutnya di situs ini. 

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment