pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Pengertian, Sejarah dan Fungsi Lengkap Microsoft Office Word

Pengertian Microsoft Word

Pengertian, Sejarah dan Fungsi Lengkap Microsoft Office Word – Siapa yang tidak kenal dengan software satu ini. Microsoft Office Word menjadi salah satu program pengolah kata yang sangat populer dari dulu sampai dengan sekarang. Software ini menjadi bagian utama dalam pengembangan sistem operasi windows dari perusahaan Microsoft.

Banyak hal yang kita bisa buat dengan menggunakan software ini untuk membuat berbagai macam tulisan seperti membuat surat, membuat pamflet, membuat makalah serta membuat berbagai macam hal lainnya. Penggunaan Microsoft Word ini banyak sekali digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan, perkantoran, perusahaan, serta bidang-bidang lainnya.


Jika sekarang anda sekedar tahu tentang microsoft word sebagai program pengolah kata. Nah, artikel ini akan mengupas tentang beberapa informasi mendalam tentang Software ini. Ini salah satu informasi penting jika anda ingin bisa menguasai microsoft word.

Di sini ada 3 poin pembahasan kita yaitu tentang pengertian yang menjelaskan definisi dan gambaran secara umum apa itu microsoft word. Selanjutnya ada pembahasan kita untuk mengenai asal-usul atau sejarahnya serta perkembangannya dari dulu sampai sekarang. Poin terakhir pembahasan ini adalah fungsi dan manfaat tentang program ini.



Pengertian

Microsoft Office Word merupakan perangkat lunak yang digunakan dalam pemograman pengolah kata yang biasa dijumpai di perangkat Komputer atau Laptop mempunyai sistem operasi Windows. Program ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar Microsoft, menjadikan software ini sangat populer dan banyak digunakan oleh banyak orang.

Kegunaannya yang sangat efektif dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan membuatnya banyak digunakan di dalam berbagai macam bidang. Software ini mempunyai banyak sekali kelebihan dalam mengolah sebuah tulisan. Banyak toolbar yang menyediakan beberapa ikon perintah yang mempunyai berbagai macam fungsi untuk mempermudah pengguna dalam menjalankan program ini. 

Dalam Microsoft Word terdapat banyak tool yang memberikan berbagai macam perintah dalam menggunakannya, ada Office Button, Quick Acces Toolbar, Tab, dan tool lainnya.

Bagian-Bagian Menu Microsoft Word

Office Button merupakan bagian yang berfungsi untuk menampilkan ikon New, Save, Save As, Print, Close dan sebagainya. Ikon Office Button biasanya terdapat  di bagian pojok kiri atas, selain untuk menjalankan berbagai macam perintah Tool ini juga menampilkan menu Word Options yang berguna untuk mengatur setelan pada software ini.

Qiuck Acces Toolbar adalah bagian tool yang berguna untuk menampilkan perintah seperti Save, Undo, Redo, New, Print dan lainnya. Tampilan ikonnya hampir sama dengan tool Office Button yang sedikit membedakannya adalah kecepatan untuk mengakses. 

Di Acces Toolbar menampilkan ikon yang digunakan untuk beberapa macam perintah yang berhubungan dengan lebar yang sedang dijalankan sedangkan di Office Button digunakan jika lembar yang telah dijalankan telah selesai.


Tab merupakan bagian yang paling penting di sini digunakan untuk menampilkan perintah yang berhubungan langsung dengan proses pembuatan tulisan. Ada 7 menu terdapat di dalamnya yaitu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View. Masing-masing memiliki perintah dan fungsi yang berbeda, dan di dalam menu-menu itu juga terdapat tool yang berguna mempermudah proses pembuatan dan editing tulisan.

Selain itu ada perintah yang dapat kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaanmu di Microsoft Word hanya dengan menekan kombinasi tombol di keyboard. Perintah tersebut dinamakan Shortcut seperti Ctrl+S yang berfungsi untuk menyimpan dokumen, Ctrl+C berguna untuk menyalin teks di lembar kerja, dan lain sebagainya.


Ekstensi Nama File yang digunakan dalam menyimpan dokumen dalam Microsoft Word ini adalah .doc dan .docx. Di sini ada dua ektensi file .doc digunakan untuk word versi lama word 97 sampai dengan word 2007. Untuk versi setelah Microsoft Word 2007 keatas seperti Word 2010, 2016, 2019 sudah menggunakan ektensi file .docx.


 

Sejarah

Microsoft Word pertama kali dirilis pada tahun 1983 dan dikembangkan oleh perusahaan bernama Microsoft. Microsoft memberikan nama ke software ciptaannya dengan sebutan Multi-Tool Word yang dikembangkan di versi Xenix. 

Kemudian dalam perkembangannya versi-versi lain berkembang untuk berbagai macam sistem operasi. Sistem DOS dikembangkan pada tahun 1983, Apple Macintosh mengembangkannya pada 1984, dan Untuk Microsoft Windows sendiri pada tahun 1989.

Kampus Microsoft
Source : id.wikipedia.org/wiki/Microsoft

Perkembangannya cukup pesat dan sering mengupdate versi yang lebih baik dari sebelumnya. Pada tahun 1991 Microsoft memulai proyek dengan nama kode Pyramid tentang penulisan atau menata kembali Microsoft Word pada basis yang sama untuk Windows dan Mac OS. Kemudian tahun 1993 membuat versi terbarunya dengan penulisan ulang dan beberapa koreksi yang menghasilkan Word 6.0.


Versi tersebut dikoordinasikan dengan semua platform produk perangkat seperti DOS, Mac OS, dan Windows. Sebagian besar yang menggunakan Microsoft Word pada platform Windows. Kemudian Windows beridiri sendiri untuk melakukan pengelolaan terhadap Microsoft Word. Hasilnya setelah Word 6.0 atau juga disebut Windows NT. Kembali Mengembangkan versinya ke Word 95 pada tahun 1995.

Kemudian Setelah itu terus mengalami pengembangan sistem yang menghasilkan versi word disesuaikan dengan tahun perilisannya seperti Word 97 dan Word 98. Versi selanjutnya,


Microsoft Word 97-2007

Pada kahir tahun 1990an dan awal 2000an word menggunakan format dokumen default dengan nama .DOC, setiap kata dalam file biner merupakan sebuah file gabungan atau sistem file yang herarki. Setiap File Biner Word yang berisi aliran “WordDocumen” dan harus dimulai dengan Blok Informasi File.

Pada tahun 2003 Microsoft Word bergabung dengan Microsoft Office System yang merupakan pengembangan dari berbagai macam software ciptaan Microsoft seperti Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint. Kemudian pada tahun 2007 diberi nama Microsoft Office Word, yang menjadikan software  semakin naik dalam penggunaannya.Di era sekarang cukup dikenal dengan nama Word.


Microsoft  Word  2010

Versi ini yang dikeluarkan Microsoft pada platform Windows dengan dukungan Windows 8, Windows 7 , Windows Vista Serta Windows XP. Versi ini dikeluarkan pada tahun 2010 yang mempunyai interface yang lebih baik dari versi sebelumnya. Adapun Fitur unggulanya,

  • Menghilangkan fitur-fitur yang tidak diperlukan lagi pada versi sebelumnya, yang membuatnya lebih ringan saat digunakan.
  • Mempunyai dukungan 3D grafis yang lebih baik
  • Tersedia dalam dua versi 32-bit dan 64-bit
  • Ribbon baru yang lebih simpel dan mudah digunakan.


Microsoft  Word  2013

Dirilis pada 9 Januari 2013 versi ini mempunyai dukungan di Windows 7, Windows 8, Windows Server 2008. Pada versi ini tidak jauh berbeda dengan Versi Word 2010,

  • Penggeseran gambar yang lebih mudah dilakukan
  • Mempunyai dukungan penyuntingan file Adobe Reader (.pdf)
  • Telah terintegrasi dengan Skydrive, untuk menyimpan data di Cloud
  • Tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit


Microsoft  Word  2016

Versi rangkain produktivitas dari Microsoft Office. Dirilis di dua platform, untuk Mac OS dikeluarkan pada 9 Juli 2015 dan Windows yang dirilis pada 22 September 2015. Dan masuk dalam produk Microsoft System atau yang sekarang lebih dikenal dengan Office 365. Dengan sistem produktivitas dengan berbayarnya akan mendapatkan sebuah lisensi.


Office 365 ini tersedia dalam beberapa edisi dengan pasar yang berbeda ada Lima Edisi Tradisional Office 2016, yang mempunyai fitur dan kelengkapan sesuai dengan kebutuhan pengguna,

  1.  Rumah & Pelajar (Mencangkup aplikasi inti dari Office 2016)
  2.  Rumah & Bisnis (Aplikasi Inti dan Outlook)
  3.  Standar (Hanya tersedia di lisensi volume, mencangkup Aplikasi Inti, Outlook dan Publisher)
  4.  Profesional (Aplikasi Inti, Outlook, Publisher, dan Access)
  5.  Profesioanal Plus (Aplikasi Inti, Outlook, Publisher, Access, dan Skype for Business)

Versi ini kompatibel dengan Windows 10 dan Windows Server 2019. Dan untuk dukungan terakir pada Windows 7, Windows 8, Windows Server 2012, Windows server 2016.


Microsoft  Word  2019

Merupakan Versi terbaru dari Microsoft Word yang digunakan pada platform perangkat Windows dan Mac OS, dan juga penerus lanjutan dari Word 2016. Word 2019 ini hanya kompatibel dengan versi Windows 10 sehingga untuk penggunaan versi Windows di bawahnya tidak dapat di akses.

Microsoft merilis pratinjau komersial Office 2019 yang dilakukan pada 27 April 2018 untuk Windows. Selanjutnya pada 12 Juni 2018 Microsoft merilis pratinjau untuk Mac OS. Tanggal resmi perilisan Office 2019 ini pada 24 September 2018, dengan dukungan mainstream yang akan berakhir pada Oktober 2023.


Untuk Fitur dan kelengkapannya jelas lebih tampil beda dengan versi yang sebeleumnya, tampilannya yang sangat profesional dan responsive membuatnya lebih ringan dan enak untuk dilihat. Adapun fitur unggulan lainnya,

  • Dukungan LaTex Word  dan fitur tinta yang ditingkatkan.
  • Tampilan Office Button yang ditampilkan di awal dan beberapa lembar kerja yang telah dibuat sebelumnya.
  • Dukungan Mode fokus dan kestabilan penggunaan Word.


Fungsi dan Manfaat

Secara Umum Fungsi utama dari Microsoft Word ada 3,


1. Untuk Membuat Dokumen

Secara fungsional program pengolah kata ini digunakan dalam pembuatan dokumen. Dokumen ini dibuat dengan tujuan tertentu sesuai dengan perintah dari pengguna.


2. Melakukan Editing Dokumen

Dengan berbagai macam ikon dan perintah di dalam software tersebut mampu mendukung untuk melakukan editing teks dengan baik dan tepat. Seperti melakukan perataan teks, mempertebal dan memperbesar huruf atau teks, menambahkan bentuk atau gambar, serta ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengolah kata di Word ini.


3. Menghasilkan Dokumen dengan Format Tertentu

Dalam proses pembuatan dokumen pastinya akan ada hasil dari proses tersebut yang jelas dengan tingkat dan fungsi tertentu. Format file dari dokumen yang dihasilkan oleh Word adalah .doc dan dapat di konversi dalam format file yang berbeda.

Selain itu hasil dari dokumen ini dapat dicetak (Print) dengan format atau platform yang berbeda-beda seperti dokumen untuk Surat, E-book, Majalah, Jurnal, Label, Pamflet, Brosur dan format lain. Sehingga dapat digunakan untuk pekerjaan apa saja sesuai dengan keinginan.

Menulis di Word


Selain fungsi utama di atas jelas, banyak sekali manfaat yang kita peroleh dalam menggunakan Microsoft Word ini. Seperti yang dijabarkan di bawah ini,


1.    Melakukan Editing Teks dengan Mudah

Dengan banyak fitur yang diberikan oleh Microsoft Word, untuk pengeditan teks dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pada pengeditan teks tersedian pada menu ribbon yang menjadi bagian yang paling sering digunakan.

Ada Menu Ribbon Home terdapat Font yang digunakan pengeditan huruf seperti memperbesar, mengubah jenis font, mempertebal font.  Pararaph yang digunakan dalam pengeditan perataan teks, jarak teks, dan format numbering.


Insert terdapat bagian-bagian yang digunakan untuk menambahkan gambar, bentuk, grafik di menu Ilustrations. Juga dapat menyisipkan tabel pada lembar kerja. Ada Menu Text yang digunakan untuk mengatur posisi teks.

Page Layout digunakan untuk mengatur ukuran lembar halaman di bagian menu page set up. Menu Page Background untuk menyisipkan watermark, page color, dan page borders. Serta ada beberapa menu ribbon lainnya yang digunakan dalam menunjang proses pengeditan dokumen.


2.    Meminimalisir kesalahan dalam penggunaan kata

Salah satu kelebihan dari Word ini adalah mampu mengetahui kesalahan kata dalam penulisan sebuah teks, yang terdapat pada Menu Ribbon Review. Pada menu proofing tersebut bisa melihat kesalahan penulisan kata dengan memilih bagian Spelling dan Grammar.

Selain cara manual ada cara otomatis bisa mengaktifkan koreksi otomatis pada saat penulisan teks sehingga mempermudah penggunanya dalam membuat dokumen yang benar dan tepat, sehingga kesalahan penulisan tidak akan menjadi kendala.


3.    Dapat Membuat berbagai Platform Dokumen

Ini fitur unggulan dari Microsoft Word yang menyediakan template yang digunakan untuk pembuatan platform dokumen dengan berbagai jenis. Bisa digunakan untuk pembuatan Surat, Cover Majalah, Label, Maupun Brosur.

Dengan berbagai macam jenis platform pengguna tidak perlu kesusahan dalam membuat tampilan yang menarik dalam pembuatan jenis platform dokumen. Banyak sekali kelebihan yang didapatkan dengan cara tersebut dapat memudahkan penggunanya dalam menggunakan Word untuk membuat berbagai jenis Platform.


4.    Digunakan untuk membuat surat dan dapat dikirim ke banyak orang

Di word ternyata telah mendukung fitur pengiriman multi-user sehingga pengguna tidak perlu susah dalam mengirim sebuah surat ke banyak email. Fitur pengriman surat ini terdapat di Menu Ribbon Mailings pada bagian Start Mail Merge.

Membuat surat dengan mudah dan mendukung pengiriman ke banyak pengguna lainnya sangat mempermudah dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, inilah salah satu keunggulanya. Banyak hal lain lagi yang bisa didapatkan dalam proses pembuatan dan pengiriman surat.


5.    Dapat digunakan untuk penulisan ilmiah seperti Rumus dan Symbol

Penulisan ilmiah sangat diperlukan terutama dalam membuat sebuah makalah, membuat soal tentang kalkulus, dan menambahkan symbol dalam penulisan. Telah tersedia di bagian Ribbon Insert pada menu Symbols disitu pengguna dapat menambahkan rumus matematika dan berbagai symbol.

Namun ada beberapa kekurangan pada menu symbol yaitu rumus yang disediakan kurang lengkap sehingga pengguna harus menambahkan rumus sendiri dari luar. Walaupun ada sedikit kekurangan tetap saja ini merupakan sebuah manfaat yang luar biasa yang dapat digunakan untuk banyak orang dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.


Selesai Sudah Pembahasan Kita Tentang Microsoft Word yang berhubungan dengan Pengertian, Sejarah, Maupun Fungsinya. Semoga Bermanfaat dan dukung artikel kami dengan Cara Share dan Komen 🙏 di bawah agar kami dapat terus meningkatkan kualitas artikel di blog ini.

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment