pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Cara Menghapus Background di Photoshop Dengan Mudah

Hapus Background di Photoshop

Cara Menghapus Background di Photoshop Dengan Mudah – Apa saja yang menjadi kendala dalam proses editing sebuah gambar atau foto? Membuat gambar terbalik, mengubah resolusi gambar, atau menghapus latar belakang gambar. Sepertinya lebih banyak orang yang kesusahan dalam menghilangkan latar belakang di gambar.

Latar belakang gambar atau sering disebut dengan background merupakan pendukung penting dalam keserasian gambar. Dengan Latar Belakang objek gambar menjadi lebih enak dilihat dan tampak real. Maka dari itu inilah hal yang harus diperhatikan dalam proses editing gambar yang baik. Gunakan Background yang tepat dengan objek gambarnya.


Latar belakang yang kita ketahui biasanya dalam bentuk warna polos, tema, ataupun latar belakang dari hasil foto jepretan. Nah, ketika ingin mengubah background gambar kita harus menghilangkan background sebelumnya dan mengganti sesuai dengan keinginan atau hanya untuk mengambil objeknya saja.

Ada dua tipe jenis background yang akan dihilangkan, yaitu Latar belakang yang mempunyai banyak warna (multi-color) biasanya berupa Latar yang bersifat natural berasal dari jepretan foto. Kemudian Latar belakang yang menggunakan satu warna (single-color) yang sebelumnya berasal dari jepretan kamera dan  telah diedit serta ingin diganti latarnya, 


Software sekarang ini yang banyak digunakan untuk proses editing gambar adalah Photoshop. Dengan berbagai macam Tool yang disediakan memberikan kemudahan dan memperlancar proses editing gambar. Untuk selengkapnya perhatikan Tutorial cara menghapus background di photoshop dengan mudah di bawah ini,



1. Menghapus Background pada Gambar Multi-color


Buka Adobe Photoshop dan Siapkan Gambar 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke software editing Photoshop dan menyiapkan gambar yang akan di hapus backgroundnya. Buka Gambar tadi dengan Pilih Menu File > Open > Lalu Pilih Gambar yang telah disiapkan tadi dari perangkat kalian.



Lakukan Seleksi Objek Gambar 

Setelah Gambar masuk di lembar kerja, lalu seleksi gambar dengan menggunakan tool di bagian samping Pilih Object Selection Tool, agar lebih mudah memilih atau seleksi objek gambar. Jika tidak sesuai dengan keinginan kalian, bisa menggunakan tool lainnya seperti Quick Selection dan Magic Wand.

Setelah Objek Terseleksi jangan lupa untuk menghilangkan Ikon Gembok pada Layer dengan cara klik ikon tersebut.



Proses Penghapusan Background 

Selanjutnya adalah tahap eksukusi gambar yaitu menghapus latar belakangnnya. Setelah objek gambar terseleksi dengan tanda garis putus-putus yang mengitari objek gambar,


Tekan Kombinasi Ctrl + Shift + I yang berguna untuk memindahkan seleksi dari objek gambar ke latar belakangnya. Kemudian Klik Delete pada keyboard kalian, maka Latar Belakang akan terhapus. Untuk menghilangkan Garis Seleksinya Tekan Ctrl + D, garis otomatis akan menghilang.



Perbaikan Gambar dari Hasil Edit

Dalam Proses penghapusan Background untuk gambar Multi-Color   hasilnya belum 100% Bersih, sebab warna abstrak yang ada pada gambar tersebut membuatnya tidak terseleksi secara sempurna, jadi yang harus kalian lakukan adalah membersihkan Latar Belakang yang masih menempel pada objek.


Caranya masih sama yaitu seleksi objek yang masih menempel dengan Object Selection Tool > Klik Delete > Ctrl + D. Lalu lihatlah hasilnya setidaknya bersih dalam penghapusan background. Jika dalam seleksi tidak rata maka hasilnya kurang bagus, jadi perhatikan ketika seleksi Gambar.



Menyimpan Hasil Edit Hapus Background

Setelah Penghapusan latar belakang gambar telah selesai, tahapan akhirnya adalah menyimpan hasil editan ke dalam perangkat kalian, dengan cara Pilih File > Save > Beri Nama hasil editan kalian kemudian pilih format file yang diinginkan seperti JPG, PNG, JPEG  dan lainnya.  


Ada 3 pilihan Kualitas gambar yang akan anda simpan sesuai dengan selera, rekomendasi kualitas medium agar ukuran gambar tidak terlalu besar dan kualitas tetap terjaga. Dan inilah hasinya




2. Menghapus Background Single-Color

Untuk Menghapus gambar pada Tipe Single-Color masih sama dengan cara di atas yaitu dengan Seleksi Gambar Kemudian masuk kedalam Proses Penghapusan Gambar. 

Gambar jenis ini sangat mudah sekali digunakan untuk para editing gambar pemula sebab unsur warna dalam gambar tidak bersifat Abstrak. Perbedaan dalam menghapus latar belakang pada gambar Multi-Color lebih susah dalam proses editing dibandingkan dengan Single-Color.


Bahkan dengan latar belakang Single-Color kita bisa langsung mengganti background tanpa harus menghapusnya terlebih dulu, ini merupakan salah satu kelebihannya. 


Itulah Cara Menghapus Gambar di Photoshop dengan Mudah, semoga dengan artikel ini dapat menyesaikan permasalahan dan mempermudah pekerjaan kalian. Dukung artikel kami dengan cara share dan komen di kolom bawah agar dapat meningkatkan kualitas artikel dan memberikan informasi yang berkualitas pula.

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment