pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

MENARIK! UAV/DRONE Dapat di Aplikasikan Lewat Handphone


UAV/DRONE Dapat Di Aplikasikan Lewat Handphone - Dimasa ini teknologi berkembang sangatlah cepat sehingga membuat orang berlomba-lomba untuk mempelajari dan menggunakan teknologi tersebut. Dampak yang dihasilkan pun nantinya akan sangat signifikan bagi kegiata-kegiatan yang dilakukan oleh setiap manusia yang menggunakan teknologi tersebut. 

Namun, kali ini kami akan menjelaskan hal menarik dari sebuah teknologi drone dengan pengaplikasian yang hanya digunakan dengan memanfaatkan gadget masing-masing dengan hanya mendownload pada Playstore atau link website tertentu.


Pesawat nirawak atau pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV atau sering disebut sebagai Drone), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri yang dioperasikan oleh operator, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya.

Dan dapat digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya. Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah di bidang militer, tetapi juga digunakan di bidang geografi, fotografi, dan videografi yang dilakukan secara bebas dan terbuka. 


Di bidang geografi, pesawat tanpa awak digunakan sebagai salah satu wahana pengindraan jauh yang sangat penting dalam pembuatan peta, seperti peta penggunaan lahan, peta daerah rawan bencana, dan peta daerah aliran sungai. Sebuah Rudal walaupun mempunyai kesamaan, tetapi tetap dianggap berbeda dengan pesawat tanpa awak karena rudal tidak dapat digunakan kembali dan rudal adalah senjata itu sendiri. (Bersumber dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_nirawak)


Drone deploy adalah aplikasi fotogrametri yang sangat mudah penggunaannya. Aplikasi berbasis web ini mulai dari merencanakan penerbangan, pengolahan data, sampai pada export data hasil penerbangan. Penggunaan aplikasi drone deploy bertujuan untuk melihat potensi yang ada dengan menggunakan drone sebagai alat digitasi dan pemetaan yang berkaitan dengan lingkup arsitektur.

Serta dapat mempermudah perancangan bangunan maupun desainer agar dapat mengembangkan proses merancang dengan data yang lebih akurat. Metode yang digunakan adalah penggunaan metoda deskriptif untuk melakukan penjelasan terhadap media yang digunakan untuk mendapat hasil yang optimal dari drone.


Pix4D Capture adalah aplikasi yang fokus pada pemetaan dengan drone. Serta model profesional dengan georeferensi dari citra drone. Kita juga dapat menentukan luas area yang ingin kita foto menggunakan drone dan mengatur ketinggian terbang yang diinginkan. Aplikasi pix4D capture memiliki keunggulan yaitu akan memberikan notifikasi kepada Anda apabila luasan area dari jalur terbang Anda melebihi kisaran kapasitas baterai drone. 


I. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 


DRONE DEPLOY


1. Membuka aplikasi Drone Deploy

Perencanaan jalur terbang menggunakan aplikasi drone deploy, dapat diakses melalui website https://www.dronedeploy.com atau menggunakan aplikasi di handphone dengan mendownload aplikasi drone deploy hanya dengan klik Install di PlayStore gratis.


2. Membuat Project

Kemudian klik New Project lalu tentukan area yang akan dilakukan pemotretan seperti contoh gambar berikut ini.
Gambar 1. Tampilan awal drone deploy

3. Create project

Dengan mencari area yang akan dituju, lalu mengetik nama lokasi kemudian diarahkan pada bagian yang akan di lakukan pemotretan, dengan mengeklik Create project here.

Gambar 2. Membuat project baru




Gambar 3. Memasukkan nama project


Inputkan nama project yang akan dibuat semisal nama orang yang akan melakukan proses, kemudian klik continue.


4. Membuat AOI (Area of Interest) berupa cakupan pemetaan

Gambar 4. Membuat AOI


Klik Maps dan Models. Selanjutnya akan muncul area default, yang perlu dilakukan adalah melakukan edit area berupa luasan yang akan dipetakan, dengan cara drag ujung tanda note diujung AOI sampai lapangan STPN bisa tercover.
 
Gambar 5. Setting AOI berdasarkan lokasi



Gambar 6. Setting AOI berdasarkan lapangan STPN


5. Mengatur Overlap dan Sidelap.

Klik Advanced, kemudian klik Automatic setting di off kan untuk melakukan pengaturan para overlap, sidelap, dan kecepatan laju drone. Setelah selesai dilakukan tampilannya akan berbentuk sebagai berikut. 

Gambar 7,8. Setting flight altitude ke 100 m (328 ft) (sebelah kiri) dan advanced setting mengatur overlap dan sidelap serta kecepatan laju drone (sebelah kanan).




Gambar 6. Gambar saat lapangan STPN sudah tercover dan tersetting jalur penerbangan




PIX4D CAPTURE & CTRL+DJI


A.1. Menghubungkan aplikasi dengan UAV/ Drone dan pemilihan misi pada PIX4D capture


Pada saat membuka aplikasi PIX4D ini akan muncul sebuah tampilan untuk menghubungkan PIX4D dengan Drone menggunakan bantuan dari aplikasi CTRL+DJI atau lainnya. 

Setelah ter-connecting, kemudian menghubungkannya dengan PIX4D. Pemilihan misi dalam PIX4D capture diberikan dalam 5 pilihan, hanya saja untuk pemilihan misi untuk pemetaan yang sering digunakan adalah polygon mission & grid mission

Keduanya sama-sama digunakan untuk keperluan pemetaan, hanya saja untuk yang polygon mission lebih fleksibel dalam menentukan cakupan area pemotretan, grid mission bentuk pemotretan adalah persegi. 
 
Gambar 1. Pemilihan misi


A.2. Pembuatan batas area dan ketinggian terbang

Setelah memilih jenis misi yang diinginkan, maka selanjutnya yaitu mengatur area terbang. Disini koneksi internet diperlukan untuk load basemap yang bisa berupa kenampakan peta atau citra. Pengaturan area pemotretan ini,juga nantinya harus  dibarengi dengan pengaturan tinggi terbang drone saat melakukan misi.

Gambar 2. Batas area dan pengaturan tinggi terbang


A.3. Pengaturan sudut, overlap dan kecepatan Wahana

Hal selanjutnya yang perlu diatur adalah sudut kamera, overlap dan kecepatan wahana. Sudut kamera yang digunakan untuk pemetaan adalah 90°. Kemudian untuk overlap ada 2 jenis yaitu front overlap dan side overlap. Biasanya front overlap dibuat 70% - 85% dan side overlap 65% - 75%. 

Sedangkan pengaturan yang terakhir adalah pengaturan kecepatan drone saat melakukan misi. Disini diberikan beberapa pilihan yaitu slow, slow +, normal, normal + dan fast

Gambar 3. Pengaturan sudut, overlap dan kecepatan wahana


Pengaturan aspek-aspek di atas dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan kita di lapangan. Intinya dalam misi kita juga harus mempertimbangkan waktu dan juga biaya, supaya dalam pengaturan aspek-aspek di atas dalam misi kita bisa menjadi efektif. Setelah semua aspek di atas diatur maka selanjutnya tinggal pilih “start” untuk memulai misi. 



II. Penjelasan Lanjutan


Hasil dalam perencanaan jalur terbang menggunakan dua aplikasi, yaitu drone deploy dan pix4D capture. Drone deploy merupakan salah satu software yang mudah digunakan untuk membuat perencanaan jalur terbang yang bisa diakses di laptop atau handphone. 

Drone deploy juga berfungsi untuk membantu membuat jalur terbang yang diinginkan, dapat mengatur tinggi terbang drone, front overlap, side overlap, sudut kamera, kecepatan laju drone, dan dapat mengetahui berapa lama waktu menyelesaikan project.



Gambar berikut merupakan contoh dari penggunaan aplikasi drone deploy. Perencanaan jalur terbang dilakukan di lapangan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Drone Deploy disetting dengan flight altitude 100 meter, unite matrik,  front overlap 80% semakin tinggi angka front overlap semakin dekat jarak dalam mengambil foto tersebut maka akan semakin bagus.

Side overlap 65% semakin tinggi angka side overlap semakin rendah jarak antara dua garis misi maka hasilnya akan semakin bagus, flight direction 101°, mapping flight speed 18 m/s untuk mapping flight speed harus standar jangan terlalu cepat karena akan menghasilkan foto yang blur, starting waypoint 1, dilakukan selama 4 menit 52 detik, dan luas lahan yang dibuat perencanaan jalur terbang tersebut. 

Gambar tersebut juga disetting sedemikian rupa dengan mengimplementasikan perencanaan terlebih dahulu akan didapat rekomendasi keputusan yang tepat dan akurat. 


Hasil praktikum perencanaan jalur terbang dengan menggunakan pix4D capture  yang bisa diakses melalui handphone. Pix4D capture merupakan aplikasi pemetaan yang menggunakan drone dalam penerbangan drone. Saat menginstal aplikasi  pix4D capture, kita juga akan menginstal CTRL + DJI. 

Pix4D capture berfungsi untuk membantu pembuatan jalur terbang yang diinginkan seperti, kita dapat mengatur kecepatan laju drone, letak kamera, overlap, face, flight altitude, dan luas lahan. Gambar dibawah ini merupakan contoh dari penggunaan software pix4D capture. 





Gambar tersebut diambil di lapangan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Dari gambar dapat kita ketahui bahwa kecepatan laju drone fast, letak kamera menghadap kebawah, overlap 50%, face forward, flight altitude 50 meter dan lahan yang digunakan 116 x 123 meter dengan waktu yang dibutuhkan 5 menit 30 detik.



Kesimpulan

Ternyata Drone bisa dikendalikan pengaturannya lewat aplikasi di Handphone. Dengan adanya kemajuan dan terobosan yang telah diciptakan tersebut diharapkan dapat menjadi kemudahan bagi para Siswa disekolah, Videografer, dan fotografer dan ain sebagainya. 

Untuk hal-hal yang kurang jelas terkait penjelasan dan langkah-langkah diatas silahkan tinggalkan komentar dibawah. Sekian, jika ada kurangnya itu adalah wajar bagi seorang manusia, namun jika ada kelebihannya tolong dikembalikan pada yang punya, 😁. 
Baca Juga
Newest Older

Related Posts

1 comment