pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

10 Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan 2021

Bahasa Pemrograman Populer

Bahasa Pemrograman yang Paling Populer di Tahun 2021 - Banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang digunakan oleh para pengembang perangkat lunak. Mungkin ada ribuan jumlahnya jika kita hitung semuanya, dengan banyaknya bahasa pemrograman yang diciptakan membuat para programer semakin mudah untuk mengolah data sesuai dengan keinginan.

Sebenarnya apa sih bahasa pemrograman itu ? Bahasa Pemrograman itu merupakan sebuah intruksi untuk memerintah komputer atau perangkat tertentu dalam mengolah data sesuai dengan alur yang diinginkan. Berisi suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik, dalam mendifinisikan sebuah program komputer.


Hasil dari olahan bahasa pemrograman ini berupa sebuah Program berupa Aplikasi atau perangkat lunak. Dalam penggunaanya bahasa pemrograman sangat penting digunakan dalam berbagai bidang, Seperti E-Commerce, Pendidikan (E-Learning), Telekomunikasi, maupun E-Governtment.

Melihat sekarang ini banyak sekali perkembangan dari dunia teknologi. Semakin hari semakin banyak para ahli ilmu teknologi dan komputer yang berinovasi menciptakan sebuah hal baru dan berguna untuk mempermudah kinerja manusia menjadi lebih efektif.

Bahasa Pemrograman yang kita kenal banyak digunakan dalam pembuatan Aplikasi Game , AntiVirus, Web, Software, maupun teknologi lainnya. Dengan hal tersebut membuktikan bahwa betapa pesatnya perkembangan teknologi di era ini. 


Pada tingkatannya bahasa pemrograman ini dibagi menjadi empat kelompok yang berdasarkan pada tingkat kedekatannya, yaitu :


1. Bahasa Mesin

Bahasa ini menggunakan Kode Biner berupa Angka dalam memberikan perintah ke komputer. Contohnya 0010002100.


2. Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa ini dikenal dengan istilah bahasa rakitan yang digunakan sebagai perintah ke computer dengan memakai kode-kode singkat. Contoh MOV, SUB, CMP, dsb.


3. Bahasa Tingkat Menengah 

Bahasa komputer yang menggunakan campuran intruksi dalam kata bahasa manusia dan bersfiat simbolik. Contoh {,},?,<<,>>,&&, dsb.


4. Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa ini memakai intruksi dari unsur kata-kata manusia. Contohnya begin, end, if, for, dll.


Nah, dengan berbagai macam tingkatan tersebut menunjukkan bahwa bahasa yang memprogram sebuah komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dan sekarang pun bahasa yang telah diciptakan mungkin sudah mencapai ratusan, bahkan bias sampai ribuan bahasa pemrograman yang dapat diciptakan.

Semakin canggih dan inovatifnya sebuah teknologi akan memerlukan beberapa program yang dapat memerintah komputer untuk melakukan sesuatu oleh pembuatnya. Maka dari itu bahasa pemrograman akan terus berkembang seiring jalannya kemajuan teknologi di muka bumi.


Untuk lebih mengenal dan sebagai bahan referensi bagi anda, ada bahasa pemrograman yang paling sering digunakan atau favorit oleh para programmer nih. Langsung saja inilah 10 bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dan digemari oleh kalangan programer di tahun 2021.



10. SQL

SQL merupakan kependekan dari Structured Query Language. Bahasa pemrograman ini dirancang untuk mengelola data yang disimpan dalam sebuah sistem manajemen basis data relasional. SQL sangat berguna sekali dalam menangani sebuah data yang terstruktur seperti menggabungkan sebuah hubungan entitas dan variablel.


Awal mula SQL ini dikembangkan oleh Donald Cahmberlin dan Raymond Boyce di IBM setelah mempelajari sebuah model relasional pada awal 1970-an. Versi awalnya disebut SEQUEL (Structured English Query Language) yang dirancang untuk memanupulasi dan mengambil sebuah data yang disimpan di system manajemen basis data. 

Pada bulan Juni 1979 Relational Software memperkenalkan implementasi SQL pertama dan tersedia secara komersial. Selanjutnya  pada tahun 1986 standar ANSI dan ISO secara resmi mengadopsi definisi bahasa standar yaitu “Database Language SQL”.


9. Ruby

Bahasa pemrograman Ruby diciptakan oleh seorang programmer asal jepang yang bernama Yukihiro Matsumoto pada tahun 1993. Ruby merupakan bahasa pemrograman yang dinamis yang berbasis skrip dan berorientasi pada objek. 

Tujuan Yukihiro menciptakan Ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrograman di dunia, ditulis dengan menggunakan bahasa C dengan kemampuan dasar seperti Phyton dan Perl.


Versi alpha dari Ruby dirilis pada tahun 1994 yang ditulis sendiri oleh Yukihiro kemudian sampai tahun 1996 banyak sekali komunitas yang terbentuk sehingga anggotanya banyak mengontribusikan perkembangan Ruby.

Saat ini, Ruby telah berkembang di seluruh dunia dan merupakan salah satu bahasa yang digemari oleh kalangan programmer sebab bahasa Ruby sangat Open Source dapat digunakan oleh siapa  saja. Selanjutnya pada Agustus 2006 Macintosh melakukan kerja sama dengan Ruby dan merilis Mac Os X v10.5 Leopard pada Oktober 2007.


8. PHP

Bahasa pemrograman ini tidak asing lagi di kalangan sobat programmer yaitu PHP (Hypertext Preposessor) atau lebih dikenal dengan Personal Home Page. PHP merupakan sebuah bahasa skrip yang dapat menyelesaikan beberapa tugas pemrograman dalam bentuk antarmuka, digunakan untuk memprogram sebuah web dinamis serta digunakan membangun sebuah CMS (Content Management System).

Pada awalnya PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, waktu itu masih bernama Form Interpreted yang wujudnya untuk mengelola sekumpulan skrip digunakan untuk mengolah data formulir dari sebuah web. Dengan perilisan pertama tersebut menjadi sebuah sumber terbuka menarik pemogram ikut serta dalam mengembangkan PHP.

Pada November 1997 PHP versi kedua dirilis yang mengimplementasikan dalam bentuk program C. Kemudian perusahaan Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, baik dan cepat. Dan versi terbarunya sekarang adalah 8.0 yang mempunyai kelebihan lebih baru dan stabil.


7. JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang paling sesuai dengan ECMAScript spesifikasi, dan bahasa ini merupakan bahasa dengan orientasi objek yang berbasis prototipe. 

Selain itu JS adalah salah satu teknologi inti di World Wide Web (www), lebih dari 97% situs web di dunia menggunakannya sebagai sisi klien untuk mengatur perilaku halaman web.

JavaScript pertama kali muncul pada tahun 1995. Netscape sebagai perusahaan pengembang Navigator yang memutuskan untuk menambahkan bahasa skrip ke navigator. Mereka berkolaborasi dengan Sun Mycrosystems untuk menanamkan bahasa Java dan juga memperkerjakan Brendan Eich untuk menanamkan sebuah skema.

Eich merancang bahasa baru untuk Netscape dengan sintaks yang mirip dengan java dan seperti skema atau bahas skrip lain yang ada. Kemudian diimplementasikan pada bulan September 1995 dengan nama LiveScript. Sebab sebagian mengadopsi bahasa Java, bulan Desember 1995 merilis resmi bahasa pemrograman baru dengan nama JavaScript. 


6. Visual Basic

Visual Basic merupakan generasi ketiga dari bahasa-event pemrograman dari Microsoft dan dikenal dengan nama Object Component Object (COM). Pertama kali model pemrograman dari bahasa ini dirilis pada tahun 1991. Microsoft menciptakan bahasa ini dengan maksud agar visual basic mudah dipeajari dan digunakan. Dengan kelebihan tersebut para programmer dapt  membuat aplikasi dengan menggunakan komponen yang telah disediakan visual basic itu sendiri. 

Dialek yang digunakan dalam bahasa visual basic adalah VBA (Visual Basic Application) digunakan sebagai bahasa makro atau skrip dalam beberapa aplikasi Microsoft termasuk Microsoft Office. 

Versi terakhir yang dirilis oleh pihak Microsoft adala Visual Basic  6.0 pada tahun 1998 dan digantikan dengan nama Visual Basic .NET. Walaupun bahasa tersebut telah berganti versi namun masih banyak para pengembang perangkat lunak yang masih menggunakan VB 6.0. Selain itu VB 6.0 juga memenangkan penghargaan The 19th Annual DICE Awards pada tahun 2016.


5. C# (C-Sharp)

Bahasa pemrograman C# atau c dengan tanda pagar sering disebut dengan istilah C-Sharp merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif .NET dan kemudian di setujui sebagai standar internasional oleh ECMA pada tahun 2002. 

C# dirancang oleh Anders Hejlsberg dan tim pengembang saat ini dipimpin oleh Mads Torgersen menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dirancang untuk Common Language Infrastructure (CLI). Versi terbaru adalah 9.0 yang dirilis pada tahun 2020 di NET 5.0 dan disertakan dalam Visual Studio 2019.


Bahasa pemrograman ini diciptakan dengan maksud agar menjadi bahasa pemrograman yang sederhana, modern, dengan tujuan umum serta berorientasi objek. Bahasa ini dapt digunakan dalam pengembangan komponen perangkat lunak yang cocok untuk penyebaran di lingkungan yang terdistrubusi.


4. C++

Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman  yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup sebagai perpanjangan dari bahasa pemrograman C. 

Bahasa ini juga dirancang dengan orientasi terhadap pemrograman system, dan juga ditemukan dengan berbagai kegunaan dalam membangun sebuah infrastruktur perangkat lunak dan aplikasi yang dibatasi oleh sumber daya.

Pertama kali dikembangkan oleh Ilmuwan Komputer asal Denmark Bjarne Stroustrup di Bell Labs sejak 1979, dia menginginkan sebuah bahasa yang efisien dan fleksibel mirip dengan C yang menyediakan fitur tingkat tinggi untuk mengorganisasi sebuah program.

C++ distandarisasi oleh ISO pada Desember 2020. Kemudian pada tahun 2021 C++ menempati peringkat keempat pada indeks TIOBE dengan ukuran popularitas bahasa pemrograman setelah C, Java, dan Phyton.


3. Phyton

Bahas Phyton merupakan bahasa pemrograman yang memiliki tujuan umum yang ditafsirkan dengan menekankan keterbacaan kode dengan penggunaan lekukan yang signifikan. 

Kontruksi bahasa serta berorientasi pada objek membantu progamer menulis dengan kode logis yang jelas serta digunakan dalam sebuah proyek skala kecil maupun besar.


Phyton sendiri pertama kali muncul pada akhir 1980-an yang diciptakan oleh Guido Van Rossum di Centrum Wiskunde (Belanda) sebagai bahasa yang meneruskan bahasa pemrograman ABC. Implementasinya dimulai pada tahun 1989, dan Guido bertanggung jawab sebagai pengembang utama hingga tahun 2018.

Phyton terus mengalami pembaruan versi, ada beberapa versi yang memiliki masalah keamaanan yang menyebabkan eksekusi jarak jauh dan menyebabkan racun cache pada web. Dengan Akhir masa pakai Phyton 2 hanya Phyton 3.6x yang lebih baru didukung oleh kalangan pengembang.


2. Java

Bahasa pemrograman ini berorientasi pada level tingkat tinggi, yang dirancang untuk memiliki dispensi implementasi sesedikit mungkin. Bahasa ini juga berfungsi untuk tujuan umum yang artinya membebaskan pengembang aplikasi  untuk melakukan pemrograman di segala platform yang mendukung pemrograman Java.

Pada tahun 2019 Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling popular digunakan menurut GitHub, terutama untuk aplikasi server yang berjumlah 9 juta pengembang yang telah menggunakan Java.


Java awalnya dikembangkan oleh Jame Gosling di Sun Microsystems dan dirilis pada tahun 1995 sebagai komponen inti dari platform Java Sun Microsystems. Sebelumnya James bersama Mike Sheridan dan Patrick Naughton memprakarsai proyek bahasa java pada bulan Juni 1991. 

Java awalnya dirancang untuk televise inteeraktif, tetapi terlalu maju untuk industry kabel digital saat itu. Nama Java tersebut diambil dari Java Coffe yang berarti Kopi Jawa di Indonesia, kemudian kata Java dipakai hingga sekarang ini. 

James Mendasain gaya sintaks Java yang mirip dengan C/ C++ sehingga pemrogram akan merasa familiar. Dan salah satu kelebihan Java dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya yaitu Java sangat fleksibel berjalan di beberapa perangkat lunak seperti Laptop, Pusat Data, Game Console, maupun Smartphone. 


1. C

Bahasa pemrograman C merupakan bahasa yang mendukung pemrograman structural, variable leksikal, lingkup, dan rekursi dengan jenis system statis. Secara desain program C menyediakan konstruksi yang memetakan secara efisien ke mesin yang khas. 

Pada awalnya bahasa C dikembangkan di Bell Labs oleh Dennis Ritche antara tahun 1972 dan 1973 untuk membangun sebuah utulitas yang berjalan di Unix serta mengimplementasikan kembali kernel system operasi Unix. Selama tahun 1980-an, C secara bertahap telang mendapatkan banyak popularitas.

C adalah bahasa procedural imperative. Meskipun kemampuannya tingkat rendah bahas ini dirancang untuk pemrograman lintas platform. Sebuah standar program C dapat dikompilasi untuk berbagai macam platform komputer dan system operasi dengan perubahan beberapa kode sumbernya.

Hingga pada Januari 2021, Bahasa pemrograman C menduduki peringkat pertama dalam indeks TIOBE dengan ukuran popularitas yang tinggi, naik dari urutan kedua pada tahun sebelumnya.


Nah, Sobat Programer itulah beberapa Bahasa yang paling digemari atau populer di tahun 2021. Informasi yang didapat setelah membaca artikel ini semoga memberikan pengetahuan untuk sobat agar lebih mengenal dalam dunia pemrograman. 

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment