pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Intel Memamerkan Teknologi Canggih di Olimpiade Tokyo 2020

Kolaborasi Intel dan IOC

Intel Memamerkan Teknologi Canggih di Olimpiade Tokyo 2020 – Salah satu perusahaan teknologi  terbesar di dunia Intel Corporation ikut ambil serta dalam perhelatan Olimpiade 2020 di Tokyo. Perusahaan multinasional Amerika tersebut telah bekerja sama dan menjadi Worldwide Top Partner dengan The International Olympic Comitte (IOC).

Dengan adanya kerjasama tersebut, teknologi-teknologi baru yang diciptakan oleh intel akan di tampilkan dalam perhelatan 4 tahunan tersebut. Teknologi ini jelas sangat mendukung dalam pelaksanaan olimpiade ini, salah satunya adalah kegiatan operasional Broadcasting menjadi hal wajib memakai teknologi ini.

Brian Krzanich selaku Ketua Ekskutif Intel mengatakan bahwa Intel akan mengintegrasikan teknologi yang inovatif untuk meningkatkan kualitas Olimpiade bagi para penggemar di seluruh dunia. Melalui koloborasi ini akan mempercepat adopsi teknologi di masa depan olahraga dalam kompetisi terbesar di dunia.


Olimpiade merupakan bagian dari aktivitas global yang terbaik untuk menunjukkan teknologi intel yang mampu memberikan inovasi dan mengubah masa depan industri olahrag menjadi lebih baik. Teknologi pertama yang digunakan Intel adalah pada Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang, Korea Selatan.

Kerja sama Intel dengan IOC akan menghasilkan inovasi dalam industri olahraga yang sangat berguna untuk terciptanya sebuah teknologi baru yang mendongkrak inovasi teknologi di bidang lainnya. Untuk melihat apa saja sih, Teknologi yang ditampilkan dalam ajang Olimpiade ini? Berikut informasinya,



1. Teknologi VR (Virtual Reality)

Intel TrueView

Teknologi VR merupakan teknologi yang sangat berguna dalam broadcasting, salah satunya telah digunakan pada Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan. Dengan kemampuan tingkat tinggi teknologi ini mampu memberikan kualitas visual yang sangat baik.

Teknologi ini akan memberikan siarang langsung melalui virtual reality yang memungkinkan para penonton dapat menyaksikan setiap pertandingan di Olimpiade dengan pengalaman yang lebih nyata.


Adapun juga Teknologi Intel 360 Replay yang memungkinkan para pemirsa melihat visual yang sangat berkesan dan tak terlupakan dari berbagai sudut lokasi Olimpiade. Walaupun para pemirsa yang menonton tidak langsung tapi mereka akan merasakan hal yang sama saat menonton langsung.



2. 3D Tracking

3D Tracking Intel

3D Tracking atau 3DAT merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Intel yang bekerjasama dengan perusahaan E-Commerce asal China yaitu Alibaba. Teknologi ini menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) dengan memaki prosessor Intel. 

Teknologi ini akan merekam gerakan atlet saat bertanding dengan menggunakan sebuah kamera pan-tilt yang dipasang beberapa tempat saat pertandingan Olimpiade. 


Hasil kamera akan masuk ke dalam komputer milik OBS dan Teknologi kecerdasan buatan akan menganalisis rekaman tersebut. Lalu Data akan ditampilkan dalam siaran langsung sehingga para pemirsa dapat melihat informasi dari atlet saat pertandingan.

Data tersebut berupa kecepatan berlari atlet dan gerakan tubuh para atlet. Analisis dan pengumpulan data tersebut sangat cepat sehingga para pemirsa dapat mendapatkan info tentang atlet. Teknologi ini dipakai di cabang tertentu saja yaitu Cabang Atletik.



3. Jaringan 5G dari Intel

Jaringan 5G Intel

Komite penyelenggara Olimpiade Tokyo telah menggarap proyek 5G, bekerja sama dengan NTT DOCOMO  dan Intel Corporation. Teknologi yang digunakan ini sangat berguna dalam menyuplai jaringan dengan kecepatan tinggi.

Koneksi 5G ini nantinya akan dipasang di beberapa tempat, Cabang-cabang yang akan didukung konektivitas ini yakni Berlayar, Golf, dan Renang. Dengan pembatasan penonton saat pandemi ini koneksi ini sangat mendukung dalam melakukan siaran agar berjalan dengan baik.


Walaupun tidak semua cabang yang dipasang koneksi 5G ini siaran pertandingan akan tetap mendapatkan dukungan teknologi yang canggih dalam memberikan visualisasi yang baik untuk para pemirsa.



4. Pertunjukan Cahaya Drone

Drone Intel di Olimpiade
© 2021 Getty Images

Sebanyak 1.824 Drone Intel Premium diterbangkan di langit-langit Stadion bersamaan dengan parade Negara-nagara yang ikut dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020. Drone tersebut membentuk representasi 3D Globe yang melambangkan solidaritas dan persatuan keragaman dunia.

Team dari Intel berkolaborasi dengan tim Kreatif Tokyo untuk memasukkan drone ke dalam narasi upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, yang bertujuan bahwa dunia akan kuat bersam melalui tampilan koneksi, persatuan dan harapan.


Drone Intel Premium dengan berat sekitar 340 gram secara khusus dirancang untuk tujuan hiburan dan dengan dilengkapi LED yang memancarka cahaya sesuai dengan warna kecerahan dan semangat yang tak tertandingi. 

Drone ini juga dilengkapi dengan GPS real-time kinematic (RTK) yang akan memungkinkan peningkatan akurasi posisi untuk animasi dengan resolusi yang lebih tinggi, citra yang tajam, dan animasi 3D yang lebih dinamis.



Teknologi Intel sangat berkontribusi besar dalam ajang kali ini. Dengan adanya inovasi teknologi ini diharapkan mampu menciptakan revolusi yang besar dalam perkembangan teknologi di masa depan. 

Baca Juga
Newest Older

Related Posts

Post a Comment