pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Cara Membuat Subdomain di Rumahweb untuk Blogspot

Subdomain sering digunakan oleh penyedia layanan internet untuk mengalokasikan sebuah layanan web tertentu agar memiliki nama domain sendiri. Selain itu, pemakaian subdomain juga dapat menggolongkan sebuah layanan web menjadi lebih terstruktur. 

Membuat Subdomain di Rumahweb.com

Misal, Sebuah Universitas memiliki sebuah laman web yang ditujukan untuk melakukan pendaftaran calon peserta seleksi masuk Universitas. Dalam hal ini agar memudahkan peserta dalam melakukan pendaftaran maka Universitas membuat laman web khusus dengan menggunakan Subdomain. 


Apa itu Subdomain?

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Subdomain merupakan sebuah bagian dari domain utama, atau lebih mudahnya anak dari domain Induknya. Sebagai contoh yang sebelumnya juga telah dijelaskan di atas akan diperjelas lebih dalam. 

Misal Sebuah Website dengan Domain  example.com  yang akan menawarkan jual beli online di dalamnya, kemungkinan yang akan dibuat adalah dengan menggunakan subdomain shop.example.com. Dalam susunan penulisannya "shop" disini sebagai nama subdomain dan "example.com" ini sebagai domain utamanya.

Domain adalah nama unik untuk mempermudah pengguna dalam mengakses internet ke server. Nama domain ini juga dikenal dengan sebuah kesatuan dari situs web, sering disebut juga dengan istilah URL. Dengan hal itu, pengguna dapat mudah mengakses web hanya dengan mengingat sebuah nama domain tertentu. 

Penggunaan Subdomain ini juga memberikan banyak manfaat bagi penyedia layanan web salah satunya adalah menghemat biaya agar tidak terlalu banyak membeli Domain TLD (Top Level Domain) dalam layanannya. 

Khususnya para Blogger yang menggunakan subdomain cukup membantu dalam melakukan pembagian konten masing-masing. Dengan hal tersebut para pengguna dapat mendapatkan informasi yang cukup mudah untuk di cari. 


Cara Membuat Subdomain

Untuk menggunakan layanan subdomain kamu harus membeli Domain yang akan kamu pakai dalam membuat sebuah website. Salah satu penyedia layanan web hosting yaitu Rumahweb.com. Cara pembelian Domain bisa kamu kunjungi link Disini.

Pastikan Domain yang kamu beli telah aktif agar dapat dilakukan penyetingan DNS ( Domain Name Server). Dan Perhatikan langkah - langkah berikut :

2. Klik Menu Domain di Halaman Dashboard,

Cara Buat Subdomain



3. Selanjutnya Klik Active di Samping Kanan Daftar Domain Kamu,

4. Di dalam Menu Manage, Pilih "DNS Management" lalu Klik Add New Record,

5. Pada Tahap ini Membuat DNS untuk Nama Subdomain Kamu, Lalu Klik Add Record,

Cara Buat Subdomain



6. Selanjutnya Add New Record Lagi, Sesuaikan dengan Contoh di Gambar, lalu Klik Add Record,
Cara Buat Subdomain


7. Masuk ke Setelan Blogspot > Menu Memublikasikan > Pilih Domain Custom, Masukkan Subdomain yang ingin Kamu Buat,
Cara Buat Subdomain


8.  Di Bawah Menu Memublikasikan ada Menu HTTPS, lalu nyalakan Ketersediaan HTTPS,
Cara Buat Subdomain


Pastikan bahwa Ketersediaan HTTPS di Blog sudah aktif, langkah selanjutnya tunggu proses pengenalan DNS yang telah dibuat tadi ke Internet, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 x 24 Jam. Dan dalam beberapa pengalaman kami hanya membutuhkan hitungan jam Subdomain Kamu akan Aktif . 

Cara Mengeceknya refresh halaman blog kamu secara berkala, atau jika Status Ketersedian HTTPS Tersedia maka dapat dipastikan URL yang telah kamu buat sudah dapat diakses dangan lancar. Jika ada beberapa masalah selama proses pembuatan Subdomain bisa ditanyakan di Kolom Komentar.
Baca Juga
Newest Older

Related Posts

Post a Comment