pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Cara Membuat Subdomain di Rumahweb untuk Blogspot

Cara Membuat Subdomain di Rumahweb

Subdomain sering digunakan oleh penyedia layanan internet untuk mengalokasikan sebuah layanan web tertentu agar memiliki nama domain sendiri. Selain itu, pemakaian subdomain juga dapat menggolongkan sebuah layanan web menjadi lebih terstruktur.

Sebelum membahas tentang cara membuat subdomain mari kita pahami dahulu penjelasan lebih lanjut mengenai subdomain,



Apa itu Subdomain dan Bedanya dengan Domain ?

Subdomain merupakan sebuah bagian dari domain utama, sebelum titik pertama dalam struktur URL sebuah website. Subdomain berfungsi sebagai eksistensi dari domain utama, serta dapat digunakan untuk membuat halaman lain yang tidak menyatu dengan website utama.

Misalnya Sebuah Website dengan Domain  example.com  yang akan menawarkan jual beli online di dalamnya, kemungkinan yang akan dibuat adalah dengan menggunakan subdomain shop.example.com. Dalam susunan penulisannya "shop" disini sebagai nama subdomain dan "example.com" ini sebagai domain utamanya.

Sementara Domain adalah nama unik untuk mempermudah pengguna dalam mengakses internet ke server. Nama domain ini juga dikenal dengan sebuah kesatuan dari situs web, sering disebut juga dengan istilah URL. Dengan hal itu, pengguna dapat mudah mengakses web hanya dengan mengingat sebuah nama domain tertentu.



Apa Kegunaan Subdomain ?

Penggunaan Subdomain ini juga memberikan banyak manfaat bagi penyedia layanan web salah satunya adalah menghemat biaya agar tidak terlalu banyak membeli Domain TLD (Top Level Domain) dalam membuat sebuah website baru.

Dengan menggunakan subdomain kita akan lebih mudah untuk mengorganisir konten yang ada di website. Sebab subdomain dapat membuat halaman website baru yang sama dengan Domain utama sehingga akan terhubung dan memudahkan pengguna untuk mencari sebuah konten atau layanan di website anda.

Nah setelah penasaran caranya bagaimana, untuk lebih lengkapnya inilah cara membuat subdomain dengan layanan Rumahweb.com,



Cara Membuat Subdomain

Untuk menggunakan layanan subdomain kamu harus membeli Domain yang akan kamu pakai dalam membuat sebuah website. Salah satu penyedia layanan web hosting yaitu Rumahweb.com. Cara pembelian Domain bisa kamu kunjungi link Disini.

Pastikan Domain yang kamu beli telah aktif agar dapat dilakukan penyetingan DNS ( Domain Name Server). Dan Perhatikan langkah - langkah berikut :


1. Masuk ke Akun Rumahweb.com

Login ke Akun di https://clientzone.rumahweb.com/clientarea.php lalu untuk masuk ke pembuatan Subdomain baru, Pilih  Menu Domain di Halaman Dashboard,

Menu Dashboard Rumahweb

2. Membuat DNS Management Baru

Selanjutnya klik Active di Samping kanan Daftar Domain kamu, lalu akan muncul beberapa menu dan pilih Menu Manage. Di dalam Menu  Manage, Pilih "DNS Management" lalu klik Add New Record.

Pada tahap ini kamu membuat DNS baru yaitu mengisi Nama Subdomain dan Masukkan IP atau Hostname Server (216.239.32.21), lalu klik Add Record,

Buat DNS Baru Rumahweb

3. Tambahkan DNS Baru Lagi

Pada tahap ini kamu membuat DNS kedua  yaitu mengisi Kolom Domain dengan awalan "www.namasubdomain" kamuSelanjutnya Add New Record Lagi, Sesuaikan dengan Contoh di Gambar, lalu Klik Add Record,

Buat DNS Baru Rumahweb

4. Masuk ke Setelan Blogspot

Untuk langkah ini kamu harus Masuk ke Setelan Blogspot kemudian Menu Memublikasikan lalu Pilih Domain Custom, Masukkan url serta nama Subdomain yang sudah kamu buat ketika mengisi DNS tadi seperti ada di gambar bawah ini,

Mengaktifkan Subdomaindi Blogspot

5. Mengaktifkan Ketersediaan HTTPS

Pada Langkah ini kamu harus mengaktifkan ketesediaan https, caranya di bawah Menu Memublikasikan lalu ada Menu HTTPS, lalu nyalakan Ketersediaan HTTPS,

Memeriksa Status Https

Pastikan bahwa Ketersediaan HTTPS di Blog sudah aktif, langkah selanjutnya tunggu proses pengenalan DNS yang telah dibuat tadi ke Internet, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 x 24 Jam. Dan dalam beberapa pengalaman kami hanya membutuhkan hitungan jam Subdomain kamu akan Aktif . 

Cara Mengeceknya refresh blog dengan nama subdomain baru kamu secara berkala, atau lihat di Setelan Blogspot pada Menu HTTPS. Jika Status Ketersedian HTTPS Tersedia maka dapat dipastikan URL yang telah kamu buat sudah dapat diakses dangan lancar. Jika ada beberapa masalah selama proses pembuatan Subdomain bisa ditanyakan di Kolom Komentar.



Kesimpulan

Membuat Subdomain baru lebih menghemat biaya untuk membagi konten di situs atau blog anda. Selain itu, dengan adanya subdomain akan memudahkan mengorganisir konten yang ada pada sebuah website. Selama Domain utama anda terus aktif maka subdomain kamu juga terus aktif.

Dan mungkin jika Domain utama kamu tidak di Layanan Rumahweb maka ikuti saja langkah-langkah saat memasukkan DNS Management baru serta menghubungkannya dengan situs kamu.

Demikianlah cara membuat subdomain melalui layanan penyedia web yaitu Rumahweb.com. Pastikan kamu benar - benar mengikuti setiap langkah-langkahnya agar tidak terjadi kesalahan dan menyebabkan error pada blog kamu. Dukung terus blog ini agar menjadi lebih baik lagi dengan komentar kamu.

Baca Juga
Newest Older

Related Posts

Post a Comment