pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

11 Cara Mengatasi Kecanduan Handphone, Agar Lebih Produktif!

Cara Mengatasi Kecanduan Handphone

Cara mengatasi kecanduan handphone sangat perlu kita ketahui. Handphone (HP) atau yang sekarang dikenal dengan nama Smartphone, merupakan perangkat elektronik yang memiliki peran besar dalam perubahan zaman. Adanya teknologi seperti ini membuat era globalisasi makin berkembang dan semakin canggih. Apalagi sekarang berbagai akitivitas dan pekerjaan membutuhkan perangkat tersebut.

Seperti halnya saat bekerja, belajar, maupun untuk komunikasi dengan keluarga pekerjaan, hal ini akan memicu pada penggunaan yang terlalu sering, Hal ini juga akan menyebabkan kecanduan bagi penggunaannya, serta berkibat pada aktivitas lain yang akan terganggu. Menggunakan smartphone dalam waktu yang lama membuat seseorang malas dan menunda-nunda waktu. Seperti halnya kebanyakan remaja sekarang yang sering menghabiskan waktu hanya untuk bermain smartphone.

Sebenarnya tergantung orang-orang yang menggunakan smartphone tersebut, namun jika terlalu berlebihan akan sulit untuk mengantisipasinya, seperti yang kamu rasakan saat ini. Karena banyaknya ketergantungan ini menyebabkan masalah baru yang timbul dalam aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya banyak manfaat dari benda tersebut, tetapi kenyataannya smartphone banyak juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya, dan kita kembali lagi kepada siapa yang bijaksana dalam menggunakannya.

Nah, Setelah kamu menyadarinya dan ingin berusaha untuk meminimalisir gangguan dari smartphone ini. Berikut beberapa cara mengatasi kecanduan handphone,



10 Cara Mengatasi Kecanduan Handphone



1. Matikan Notifikasi pada Aplikasi Smartphone

Matikan Notifikasi

Fitur notifikasi pada smartphone memang sangat penting bagi pengguna aktif smartphone. Karena fitur tersebut dapat terhubung dengan beberapa akun sosial media dan email kamu. Untuk itu kamu harus non-aktifkan fitur notifikasi pada aplikasi di smartphone kamu.

Terutama pada notifikasi berupa suara atau nada dering, karena dengan notifikasi suara akan cepat teringat kembali ke smartphone. Bagaimanapun juga mematikan notifikasi sangat penting dalam menjalankan program untuk mengurangi kecanduan pada smartphone.

Dengan mematikan sistem notifikasi atau pemberitahuan di aplikasi terutama sosial media, maka dapat mengurangi keseringan kamu dalam menggunakannya, dan bila kamu telah melakukannya maka tahap pertama mengatasi kecanduan handphone sudah berada di tangan kamu.



2. Atur Penggunaan Smartphone

Atur Penggunaan Handphone

Jika kamu sudah termasuk pengguna aktif media sosial tentunya akan selalu membawa smartphone dan selalu menggunakannya kemana pun kamu bepergian. Bahkan, hingga saat makan dan masuk ke dalam toilet pun kamu menyempatkan untuk menggunakannya. Ini terbukti bahwa dimana pun berada pasti ada smartphone, dan mungkin bisa dikatakan “tidak bisa lepas dari benda tersebut”

Kenapa sih benda ini selalu jadi sahabatku? mungkin karena suka duka kamu bersamanya. Jika kamu tidak paham akan dampaknya itu akan merugikan. Nah, jangan habiskan waktumu dengan sering menggunakan smartphone. Bila kamu lalai dalam menggunakan waktu, maka kamu akan mengalami kerugian untuk menjalani aktivitas penting kamu.

Aturlah setiap kamu menggunakannya, seperti jangan gunakan saat makan, saat berada di toilet, saat berkumpul dengan teman-teman, dan aktivitas lainnya. Gunakanlah pantanganmu sendiri saat kamu berlebihan menggunakan smartphone.

Beri hukuman kepada dirimu saat kamu melanggar pantangan tersebut misal push up 50 kali, Bersih - bersih rumah dan lain-lain. Nah, jika kamu sudah dapat mendisiplinkan diri untuk menghindarinya, maka kamu memasuki tahap kedua dalam terapi kecanduan smartphone.



3. Banyak Bersosialisasi dengan Keluarga dan Teman

Interaksi Sosial

Salah satu tips dalam menghindari smartphone adalah dengan hangout bersama orang tua, teman, dan sahabat. Cara ini sangat efektif juga bagi kamu yang mengalami putus cinta supaya cepat move on dari mantan pacar.

Rata-rata orang saat menggunakan smartphone secara berlebihan ini akan menimbulkan sifat egois. Mereka lalai akan keberadaan sekitarnya dan lebih mementingkan diri sendiri. Interaksi sosial sangat diperlukan dalam mengatasi sifat tersebut.

Karena dengan berinteraksi dengan orang lain akan mempengaruhi kamu untuk selalu aktif dalam mensosialisasikan diri. Maka dari itu, kamu harus banyak bersosialisasi agar menumbuhkan jiwa sosial dalam diri.

Misalnya kamu bercanda dan ngobrol dengan teman atau sahabat kamu. Hal itu akan menyenangkan hati dan pikiran kamu. Jika telah melakukan hal tersebut artinya kamu menyelesaikan tahap ketiga dalam penyembuhan terhadap kecanduan smartphone.



4. Gunakan Smartphone Sesuai Kebutuhan

Gunakan Handphopne Sesuai Kebutuhan

Penggunaan smartphone yang berlebih biasanya terjadi karena telah melewati standar kebutuhan. Kebutuhan sebenarnya suatu hal yang harusnya bisa membuat kita cukup, tapi dengan adanya gengsi maka hal tersebut akan menjadi hal yang sulit untuk membuat kita menjadi cukup.Gengsi juga menimbulkan ketergantungan terhadap benda tersebut.

Hindari gengsi, jika kebutuhanmu menggunakan handphone untuk penunjang pekerjaan gunakan untuk itu hal saja. Batasi kebutuhan selain dari dua hal tersebut. Di luar dari batasan tersebut kamu harus terapkan sanksi jika melanggar aturan yang telah kamu buat, dengan mendisipinkan diri.

Saat kamu membuka aplikasi media sosial, kamu harus bisa kontrol diri supaya tidak berlama-lama. Sebab media sosial lebih mempengaruhi kamu untuk menggunakan smartphone dalam waktu yang lama. Kebutuhanmu tidak hanya itu maka jangan habiskan banyak waktu saat menggunakannya. Jika hal ini sudah kamu lakukan maka itu sangat berarti buat kamu.



5. Jangan Menggunakan Handphone Saat akan Tidur

Jangan Gunakan Handphone Sebelum Tidur

Salah satu penyebab kamu susah untuk tidur salah satunya adalah menggunakan smartphone bersamaan ketika kamu ingin tidur. Waktu tidur tersebut harusnya kamu gunakan untuk beristirahat dengan baik, dan kamu harus rileks saat kamu mau tidur.

Jangan gunakan handphone sebelum tidur kamu harus menjauhkannya dari tempat tidur. Apalagi saat kamu berbaring sambil bermain handphone itu mengakibatkan candu bagi kamu dan memakan waktu tidur kamu, sehingga sulit rileks dan dapat menyebabkan insomnia (Kesulitan Tidur).

Untuk mengatasi masalah tersebut adalah beri jeda sebelum tidur minimal 60 menit sebelum kamu tidur. Hal tersebut supaya kamu rileks serta dapat beristirahat dengan baik dan tenang. Lakukanlah secara rutin setiap hari, jika berhasil rutin maka tahap kelima sedikit membantu mengatasi candu handphone dan masalah tidur kamu.



6. Perbanyak Aktivitas Fisik

Berolahraga

Bagi pengguna Handphone yang berlebihan akan sering menghabiskan waktunya untuk duduk-duduk, bahkan berbaring saat menggunakannya, sehingga aktivitas fisiknya akan jarang untuk dilakukan. Aktivitas fisik sangat penting selain membuat tubuh kita sehat misal dengan olahraga, juga dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik.

Aktivitas fisik akan membuat semua anggota badan kita bergerak dan lebih aktif untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Semakin kurang aktivitas fisik akan membuat beberapa masalah pada tubuh kamu. Kebiasaan ini perlu dilakukan karena otak akan berfungsi dengan baik jika kita banyak bergerak.

Lakukan aktivitas fisik sesuai dengan keinginanmu misal berolahraga, bersih-bersih rumah, rekreasi dan macam-macam aktivitas fisik lain. Jika tahap keenam ini sudah kamu lakukan maka kamu akan mendapatkan banyak manfaat selain mengatasi kecanduan handphone.



7. Gunakan Aplikasi Blokir

Aplikasi Blokir

Pembatasan penggunaan aplikasi dalam smartphone harus dilakukan untuk mengurangi keseringan dalam bermain handphone. Banyak aplikasi seperti media sosial yang menyebabkan kamu kecanduan dan terlalu sering menggunakan handphone.

Untuk mengatasi masalah ini kamu harus menggunakan aplikasi blokir untuk memblokir aplikasi yang membuat kamu menghabiskan banyak waktu ketika bermain handphone. Dengan Aplikasi Blokir ini kamu bisa mengontrol dan mencegah kamu masuk ke dalam aplikasi yang membuat kecanduan.

Selain itu kamu juga dapat memblokir situs atau website yang menurut kamu toxic dan berbahaya buat kamu. Beberapa contoh aplikasi yang digunakan untuk memblokir aplikasi dan website adalah Stay Focused, Freedom, dan Flipd. Cara ini cukup ampuh dalam mengatasi kecanduan bermain handphone.



8. Hapus Aplikasi Media Sosial di Smartphone Kamu

Hapus Media Sosial

Aplikasi media sosial menyebabkan kamu berlama-lama menggunakan handphone maka cara paling efektif agar tidak kecanduan lagi adalah dengan menghapusnya. Menghapus sosial media sangat mempengaruhi keberhasilan dari mengatasi candu bermain handphone.

Hal tersebut di karenakan media sosial dan handphone ini sudah seperti pasangan setia, susah untuk berpisah. Memang ini bukan hal yang mudah, memang sulit untuk dilepaskan. Kamu harus berani bertaruh, jika kamu ingin bebas kecanduan handphone maka hapus semua aplikasi media sosial seperti Instagram, facebook, twitter dan lain-lain.

Cara ini adalah cara terbaik dari penggunaan Handphone yang berlebihan jika kamu gagal melakukan cara ini kamu akan kembali ke masalah yang sama dan ini sangat tidak bagus untuk kesehatan mentalmu. Lakukanlah, dan terus konsisten niscaya banyak manfaat yang akan datang ke dirimu.



9. Ingatlah Kembali Tujuan Hidup

Ingat Tujuan Hidup

Cara sebelumnya ternyata belum kamu lakukan dengan baik, apalagi yang harus dilakukan dalam mengatasi kecanduan tersebut. Banyak hal yang akan membuat kamu sadar betapa pentingnya masa depan yang baik buat kamu.

Dalam sehari kamu mungkin bermain handphone lebih dari 3 jam atau lebih, jika dilakukan setiap hari maka berapa hari kamu bermain handphone selama satu tahun. Bukankah hal tersebut menyia-nyiakan waktu. waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk merintis tujuan dan impianmu ternyata habis digunakan hanya untuk bermain handphone.

Evaluasi diri sangat penting, dengan hal itu kamu akan sadar bahwa kerugian yang diakibatkan karena berlama-lama bermain handphone ternyata sebesar itu. Mulai dari sekarang renungkanlah kembali tujuan hidup kamu untuk apa?, jika tidak maka akan rugi dan menyesal pada akhirnya.



10. Perbanyak Beribadah

Beribadah

Kamu harus menyadari berapa banyak waktu yang kamu sia-siakan hanya untuk bermain handphone. Kadang kamu lalai dan meninggalkan ibadah, hanya asik bermain handphone serta lupa aktivitas penting yang harusnya dilaksanakan.

Ibadah mempunyai peran penting dalam hal ini, kondisi spiritual yang baik akan mengubah cara pandang kamu dan menyadarkan kamu betapa pentingnya untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Dengan sering mendekatkan diri dengan Tuhan dan banyak berdoa akan membuat kamu sadar diri bahwa dunia itu bukan hanya tempat untuk bersenang-senang.

Cara ini harus kamu lakukan dalam mengatasi terapi kecanduan handphone sebab akan baik juga untuk kesehatan spiritual kamu sehingga perlahan kamu akan lupa dengan handphone dan lebih sadar tentang aktivitas kehidupan sehari-hari.



11. Berhenti Menggunakan Smartphone

Berhenti Menggunakan Handphone

Jika beberapa masalah yang timbul ketika kamu telah kecanduan smartphone adalah berhenti untuk menggunakannya. Meskipun itu sulit tetapi akan berdampak baik untuk kedamain batin dan kesehatan mental kamu.

Mengatur penggunaan handphone mungkin belum tentu berhasil tetapi jika kamu telah benar-benar berhenti menggunakannya maka kamu sudah tidak kecanduan dengan benda tersebut. Jika belum bisa mungkin alasannya tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kamu untuk menggunakannya.

Solusi lebih baik adalah menggunakan handphone model lama yang hanya dapat digunakan untuk komunikasi saja. Hal itu juga akan membebaskan kamu dari media sosial yang memiliki pengaruh besar terhadap kecanduan smartphone.



Kesimpulan

Cara mengatasi kecanduan handphone atau smartphone tersebut perlu untuk diterapkan agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari menjadi lebih baik. handphone merupakan benda seperti boomerang jika kamu tidak hati-hati dalam menggunakannya maka akan melukai kamu.

Penggunaan yang baik akan membuat penggunanya merasakan manfaat yang baik jika menggunakannya. Saat seseorang kecanduan menyebabkan beberapa masalah yang mengganggu mental penggunanya.

Jika benar-benar ingin menghindari kecanduan dari benda tersebut maka harus terapkan disiplin dalam diri kamu. Ubah kebiasaanmu dan selalu evaluasi diri agar masalah-masalah yang akan timbul dapat di cegah dengan sebaik-baiknya.



sumber gambar : pixabay.com

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment