pFGLGutdPHGuLGM1ofvLJgVGBXb2shbmTrifWoYQ

Cara Mengatasi Penghasilan Adsense Beresiko

Cara Mengatasi Penghasilan Adsense Beresiko

Baru - baru ini Adsense memperingatkan kepada para penayang iklan tentang penghasilan beresiko berupa notifikasi yang muncul Dashboard Google Adsense. Notifikasi tersebut berupa peringatan untuk para penayang iklan agar memperbaiki file Ads.txt supaya tidak terjadi dampak yang serius terhadap pendapatan Adsense.

Bagaimana cara mengatasi penghasilan adsense beresiko tersebut, mari kita pahami beberapa penjelasan berikut mengenai masalah yang terjadi akibat file ads.txt tidak terbaca di situs,



Masalah Terjadi Akibat Ads.txt tidak Terbaca

Peringatan Penghasilan Beresiko

Masalah tersebut terjadi akibat file ads.txt tidak berisi ID Penayang Adsense, atau Adsense tidak membaca ads.txt pada direktori root di situs penayang. Masalah tersebut harus segera di atasi, jika tidak akan mempengaruhi penghasilan penayang, bahkan Akun Adsense akan terkena Suspend. Hal itu merupakan salah satu bentuk kebijakan dari pihak Adsense.

Tujuan dari kebijakan tersebut adalah membantu memastikan inventaris iklan digital yang hanya dijual oleh penjual resmi (seperti Adsense) telah teridentifikasi. Membuat file ads.txt memberi penayang kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs penayang dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Sangat disarankan agar penayang menggunakan file ads.txt agar membantu pembeli inventaris iklan mengidentifikasi inventaris palsu sehingga penayang menerima lebih banyak pembelanjaan pengiklan yang tadinya mungkin dibelanjakan pada inventaris palsu. Untuk permasalah ads.txt tersebut, berikut penjelasan dan cara mengatasinya,



Cara Mengatasi Penghasilan Adsense Beresiko

Jika ada masalah dengan ads.txt di situs Anda, peringatan di akun Adsense akan ditampilkan berupa notifikasi. Untuk mencegah dampak yang serius pada penghasilan Anda, Ada beberapa cara untuk memberbaikinya, ikutilah langkah langkah di bawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.


1. Membuat file ads.txt untuk Situs Anda

Adsense menyediakan file ads.txt yang dipersonalisasi dan dapat didownload dari Akun. File tersebut menyertakan ID penayang yang digunakan sebagai bagian dari sebuah identitas dalam menayangkan iklan yang terhubung dengan situs anda.

ID penayang harus disertakan dan diformat dengan benar agar file ads.txt dapat diverifikasi. Berikut langkah-langkahnya,

Download File Ads.txt

1.) Login ke Akun Adsense Anda,

2.) Jika ada peringatan di halaman Beranda Anda, Klik Perbaiki Sekarang. Jika tidak, klik Situs,

3.) Klik Panah Bawah, untuk membuka pesan "Buat file ads.txt untuk ...",

4.) Klik Download file ads.txt dan akan secara otomatis terdownload,

5.) Upload file ads.txt tersebut ke direktori root di situs anda. Direktori root situs merupakan direktori atau folder setelah domain level teratas (situs.com/ads.txt),

Catatan: Jika Anda menggunakan jaringan iklan lain, jangan lupa tambahkan jaringan tersebut ke file ads.txt. Hubungi jaringan iklan anda untuk mendapatkan informasi ads.txt mereka.

Untuk Memverifikasi bahwa anda telah mempublikasikan file dengan benar, pastikan anda berhasil melihat konten file saat mengakses URL ads.txt (https://situs.com/ads.txt) di browser web. Jika Anda dapar melihat file di browser web, kemungkinan AdSense akan berhasil menemukannya.


2. Menyiapkan file ads.txt

Jika anda menggunakan platform Blogspot dan dimonetisasi dengan penyedia pihak ketiga. Anda harus menyiapkan konten file ads.txt secara manual. Berikut langkah penyiapannya, 

Setting Ads.txt di Blogspot

1.) Login ke Blogger,

2.) Di kiri atas, klik panah Bawah,

3.) Klik blog tempat Anda ingin menyiapkan file ads.txt,

4.) Di bagian kiri, klik Setelan,

5.) Di bagian "Setelan", klik Preferensi Penelusuran,

6.) Di bagian "Monetisasi", temukan "ads.txt kustom" lalu klik Edit,

7.) Klik Ya,

8.) Salin setelan dari penyedia monetisasi pihak ketiga dan tempelkan di kotak teks,

9.) Klik Simpan Setelan,

10.) Opsional: Untuk memeriksa isi file ads.txt Anda, buka http://<alamat blog Anda>/ads.txt.

Catatan: Jika blog Anda tidak dimonetisasi, atau hanya dikonfigurasi untuk menggunakan AdSense dengan integrasi Blogger-AdSense, Anda tidak perlu menyiapkan ads.txt secara manual. Blogger akan melakukannya untuk Anda. Baca lebih lanjut tentang ads.txt untuk AdSense.

Untuk pengguna platform Wordpress, biasanya telah tersedia beberapa plugin dalam membuat file ads.txt. sehingga anda hanya perlu melakukan pemasangan plugin lalu fitur dan layanan plugin tersebut akan mebuat file ads.txt secara otomatis.



Kesimpulan

Masalah penghasilan beresiko terjadai akibat ads.txt yang tidak terbaca pada file direktori situs sehingga adsense memberikan peringatan agar memperbaiki file ads.txt.

Jika peringatan tetap saja muncul setelah Anda menambahkan file ads.txt di blog, silahkan menunggu beberapa hari lagi maka perubahan akan terlihat di Dashboard AdSense. Jika situs Anda tidak membuat banyak permintaan iklan, prosesnya paling cepat memakan waktu sekitar satu bulan.

Itulah langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam mengatasi penghasilan adsense yang beresiko. Semoga membantu dan berikan pertanyaan kalian di kolom komentar agar kita temukan solusi dari setiap masalah.

Baca Juga

Related Posts

Post a Comment